| |

Kata Kata Jualan Online di Facebook Yang Efektif

Bagaimana cara membuat kata kata jualan online di Facebook yang efektif?

Mengapa setelah membuat postingan di Facebook tetapi tidak kunjung ada pembeli?

Dasarnya tetap pada 2 syarat minimal terjadinya pembelian:

  1. Seberapa banyak orang yang melihat postingan kita (traffic).
  2. Seberapa bagus tulisan Anda membujuk orang membeli (konversi).

Nah pada artikel ini akan saya bahas bagaimana cara kita membuat kata kata jualan online di Facebook untuk mendapatkan traffic dan konversi penjualan.

Kata Kata Jualan Online di Facebook

Kata Kata Jualan Online di Facebook Yang Menghasilkan Traffic

Bagaimana caranya agar postingan kita berfungsi untuk mendapatkan traffic. Saya sudah membuat video tentang dasar-dasar mendapatkan traffic secara organik, silahkan disimak. Nanti kita akan bahas bagaimana penerapannya untuk postingan di Facebook.

Ringkasan agar positingan Facebook Anda mendatang traffic adalah bagaimana cara menyusun kata kata jualan online di Facebook agar:

  1. Bisa ditemukan oleh orang yang mencarinya, baik di Google maupun di Facebook sendiri.
  2. Direkomendasikan di depan pengguna lainnya oleh Facebook.
  3. Disebarkan oleh orang yang melihat postingan Anda.
  4. Dilihat oleh orang yang mengikuti atau teman Anda.

Terapkan Kaidah SEO Saat Menulis Postingan Facebook

Terlepas dimana Anda posting, apakah di profil pribadi, halaman Facebook, Group Fracebook, Fracebook Marketplace, Event, dan bahkan komentar pun, jangan lupakan kadiah SEO.

Bagaimana caranya?

  1. Riset kata kunci berkaitan dengan postingan Anda. Penjelasan riset kata kunci bisa dibaca disini.
  2. Optimasi postingan Anda agar bisa ditemukan. Penjelasan cara membuat konten yang ditemukan bisa dibaca disini.

Apakah postingan Facebook bisa ditemukan di Google? Nyatanya saya sering menemukannya saat mencari sesuatu di Google. Sering muncul Facebook. Jadi selain akan muncul di hasil pencarian Facebook, juga punya peluang muncul di hasil pencarian Google.

Agar Direkomendasikan Oleh Facebook

Sejauh ini saya belum pernah melihat kiriman orang lain selain teman yang muncul di beranda saya. Yang mungkin muncul adalah postingan di halaman, Group, dan video.

Bisa jadi postingan di Group kita akan di rekomendasikan ke member Group oleh Facebook. Biasanya jika postingannya cukup ramai. Untuk itu buatlah postingan ramai, yang mengundang interaksi.

Yang pasti memiliki peluang postingan kita muncul di beranda orang lain yang tidak terhubung adalah video. Saat pengguna Facebook membuka tab watch, maka bisa muncul video dari teman, halaman, dan group yang sebenarnya tidak terhubung dengan profilnya.

Tentu biasanya yang direkomendasikan itu yang ramai dan relevan dengan profil audiens. Kuncinya agar direkomendasikan, buatkan posting yang mengundang interaksi.

Buat Posting Viral

Posting viral tentu akan dilihat oleh banyak orang, bukan hanya oleh pengikut atau teman kita, tetapi oleh teman dan pengikut mereka. Misalnya postingan Anda saya share oleh saya, maka teman dan follower saya punya potensi melihat postingan Anda tersebut.

Bagaimana cara membuat postingan viral? Ada banyak cara, diantaranya:

  • Postingan yang benar-benar bermanfaat.
  • Postingan yang emosional (sedih, lucu, menggembirakan).
  • Postingan yang kontroversi (melawan yang biasa).
  • Postingan yang aneh (berbeda dengan yang biasa).

Jika ada postingan viral, coba cari 4 hal diatas. Ini salah satu teknik membuat postingan viral.

Jika Anda gagal membuat postingan viral, jangan menyerah. Coba lagi dan coba lagi.

Agar Postingan Dilihat Oleh Teman Dan Follower

Tahukah Anda, bahwa tidak semua teman dan follower kita akan melihat postingan kita. Facebook hanya akan menunjukan kepada orang-orang penting dan berkepentingan dengan postingan kita.

Siapa orang penting? Mereka adalah orang-orang dekat dengan kita. Misalnya sering chatting dengan kita melalui Facebook messenger. Atau orang yang suka Anda sapa, sukai, dan share postingannya.

Siapa orang yang berkepentingan? Mereka yang menyukai, membagikan, dan berkomentar postingan kita. Maka susunlah kata kata jualan online di Facebook yang mengundang orang untuk berinteraksi.

Bagaimana caranya?

Mirip dengan membuat postingan viral. Jadi targetkan saja membuat postingan viral. Jika postingan viral tidak tercapai, setidaknya interaksi akan bertambah.

Kata kata Jualan Online di Facebook Agar Orang Membeli

OK, kita fahami dulu berapa banyak sich kata-kata yang bisa ditulis di Facebook? Buanyak sebenarnya. Yaitu 63.206 karakter. Jika rata-rata satu kata bahasa Indonesia terdiri dari 7 karakter, maka ada 9.000 kata. Ini sangat banyak.

Saya sendiri belum penah menulis artikel sampai 9000 kata, kecuali saat menulis ebook atau buku. Nah ini memberikan peluang bagi kita untuk memaksimalkan. Kita TIDAK HARUS menulis sampai 9000 kata. Secukupnya sesuai dengan kebutuhan kita. Ruangnya cukup leluasa.

Dalam sebuah studi, postingan di Facebook itu akan optimal jika karakternya dibawah 50 saja. Maksudnya optimal dari segi jangkauan sosialnya. Namun untuk urusan SEO, jelas dibawah 50 karakter terlalu sedikit.

Jadi seberapa banyak kita membuat kata kata jualan online di Facebook? Tergantung tujuan Anda membuat post. Jika mau memperluas jangkauan dan interekasi, sedikit saja. Tapi untuk kebutuhan SEO (agar ditemukan) maka buatlah tulisan semaksimal Anda bisa.

Variasikan saja kontennya.

Atau bisa juga menggunakan halaman Facebook atau Group untuk konten panjang, sementara di profil pribadi gunakan posting pendek dengan tujuan interekasi. Itu terserah Anda.

Cara Menjual Dengan Kata-kata

Postingan Pendek

Postingan pendek targetnya adalah orang-orang yang sudah terhubung dengan kita. Mereka orang-orang penting dan berkempentingan (lihat definisinya diatas).

Tentu akan sulit menjelaskan produk dengan postingan pendek. Sulit untuk mnjelaskan dengan detail. Jika Anda mau menjelaskan dengan detil, tentunya gunakan postingan pendek.

Bikin Penasaran

Strategi membuat kata-kata untuk postingan pendek adalah mendapatkan penasaran. Goalnya bukan penjualan tetapi menghubungi Anda via WA atau Inbox atau komentar. Percakapan pribadilahh yang menjual lebih detil.

Bagaimana cara membuat penasaran?

Kuncinya dengan menciptakan GAP atau sesuatu yang kurang/disembunyikan dan tidak bisa ditebak oleh membaca.

Contoh:

Ternyata ini rahasianya rahasia artis ibu kota untuk merawat kecantikannya.

Apa coba rahasinya? Ya anggak usah disebut di status. Biarlah mereka bertanya. Kemudian Anda jelaskan dan apa hubungannya dengan produk atau jasa Anda.

Cerita Berseri

Kita bisa membuat postingan pendek berupa serial yang merupakan cerita Anda berkaitan dengan produk. Anda bisa menyebutkan secara nyata produknya. Atau bisa juga digabungkan dengan teknik penasaran diatas.

Cobalah Anda gunakan produk yang Anda jual. Mulai dari membuka produk, ceritakan di Facebook. bagaimana kesan Anda.

Pemakaian pertama, ceritakan kesain Anda. Dan seterusnya setiap hari. Sesekali tawarkan jika ada yang mau.

Arahkan ke Landing Page atau Blog

Ini favorit saya. Dulu, kalau kita posting link, itu sedikit yang klik. Tapi sekarang ternyata banyak juga jika mengetahui triknya. Tergantung kondisi akun Anda, tingkat interaksi, dan jumlah follower tentunya.

Jangan langsung posting link di Facebook. Tapi posting gambar yang menarik. Bisa ditambahkan kata-kata bikin penasaran. Kemudian di deskripsinya pasang kata-kata pendek dan link.

Contoh, meski yang like dikit, tapi yang klik puluhan.

Postingan Panjang

Postingan panjang lebih fleksibel. Anda bisa menggunakan penerapan SEO, posting viral, mengundang interaksi, dan juga bisa direkomendasikan oleh Facebook.

Menjual Secara Tidak Langsung

Anda bisa membuat posting yang menarik orang sekaligus dengan menjual. Anda bisa membuat posting dengan tujuan viral, mengundang interaksi, mendapatkan rekomendasi, sekaligus jualan. Hanya saja, kurang cocok jika Anda menjual langsung. Lakukan penjualan tidak langsung atau terselubung.

Jangan menyebutkan produk, jangan menyebutkan harga, apalagi menawarkan. Tapi fokus pada manfaat, dikemas dengan cerita yang membuat viral. Atau membuat hal yang bermanfaat atau tips yang disukai orang, dan untuk menerapkannya membutuhkan produk atau jasa Anda.

Tentu ada sesuatu yang “hilang” dalam cerita Anda. Ini akan memunculkan penasaran dan akhirnya bertanya kepada Anda.

Menjual Secara Langsung

Ini akan cocok digabungkan dengan teknik SEO. Anda membuat posting yang dioptimasi SEO yang isinya akan menjual produk atau jasa Anda. Harapan kita, orang yang akan membaca adalah mereka yang mencari postingan kita. Baik mencari di Facebook maupun di Google.

Saya sudah membuat artikel lain yang membahas ini.

  • Anda belajar riset kata kunci disini.
  • Anda belajar membuat tulisan yang menjual sambil optimasi SEO disini.

Dari pengalaman saya, postingan di Group atau Halaman memiliki SEO lebih kuat dibandingkan posting di profil. Kecuali jika belum ada pesaing, maka postingan dari profil muncul juga di hasil pencarian Facebook.

Yang sering muncul di Google adalah postingan yang ada di Halaman Facebook.

Dulu ada fitur note Facebook yang sangat bagus untuk SEO. Sayangnya sudah tidak ada. Manfaatkan saja postingan biasa.

Panduan cara membuat postingan jualan produk dengan kaidah SEO, bisa dibaca di artikel ini.

Agar Tulisan Anda Menjual Membutuhkan Ini

Bagaimana agar tulisan itu menjual?

Kita harus membuat tulisan yang membangkitkan keinginan untuk membeli dan menghilangkan ketakutan atau keraguannya.

Keinginan, keraguan, dan ketakutan adalah emosi. Logika juga berperan. Jadi dalam membuat tulisan agar menjual, maka kita perlu memperhatikan keduanya, yaitu logika dan emosi. Jadi tidak cukup hanya menjalaskan produk saja.

Jelaskan produk, jelaskan logikanya bagaimana dia bisa mendapatkan manfaat, tidak ragu, dan tidak takut. Sekaligus sentuh emosinya agar muncul keinginan. Berikan harapan bahwa produk Anda adalah solusi bagi masalah atau yang dibutuhkan untuk meraih keinginannya.

Inilah yang disebut teknik Copywriting. Sebuah skill atau kemampuan yang sangat penting dalam bisnis atau jualan online. Saya sudah membuat kelas online untuk Anda, klik disini.

Ringkasan Kata Kata Jualan di Facebook

Jadi kesimpulannya, agar kata kata jualan online di Facebook agar menghasilkan harus memenuhi dua syarat, yaitu menghasilkan traffic dan mengubah pembaca menjadi pembeli (konversi).

Agar postingan kita mendatangkan traffic, maka buatlah postingan dengan kaidah SEO, buat sedemikian hingga postingan kita itu di rekomendasikan oleh facebook, viral, dan dilihat oleh teman atau follower kita.

Cara agar posting di Facebook menjual akan berbeda untuk postingan pendek dan panjang. Postingan pendek tidak cukup untuk menjual secara langsung, jadi buat saja penasaran, buat cerita berseri, dan arahkan ke landing page.

Berbeda untuk postingan panjang, kita lebih leluasa untuk mengolah kata dan kalimat yang membujuk orang untuk membeli. Dan tulisan Anda akan lebih baik dalam menjual jika menguasai teknik copywriting.

Demikianlah bagaimana cara membuat Kata Kata Jualan di Facebook yang efektif. Mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada pertanyaan, bisa via komentar atau hubungi saya via WA.


Gratis eBook, Video, dan PDF Khusus untuk member Sukses Bisnis Online Club.

Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *