3 Cara Mendatangkan Traffic Gratis Untuk Pemula

Pada postingan lainnya, saya selalu menyebut dua hal penting yang perlu Anda kuasai, yaitu traffic dan konversi. Nah, sekarang kita bahas tentang bagaimana cara mendatangkan traffic gratis. Fokus sekarang kita bahas traffic gratis bagi Anda yang masih pemula dan belum memiliki modal untuk beriklan.

Kedua cara mendatangkan traffic akan membutuhkan pengorbanan. Beriklan Anda harus mengorbankan uang. Untuk yang gratis Anda perlu mengorbankan waktu dan kerja keras. Tidak mau berkorban? Jangan bisnis!

Ada banyak cara mendatangkan traffic gratis. Ya banyak cara. Kuncinya adalah MAU. Saya pilihkan 3 cara terbaik untuk Anda yang masih pemula. Cara yang mudah dan tidak ribet kalau Anda mau berusaha. Jika menurut Anda, apa yang saya jelaskan dibawah masih ribet, artinya Anda perlu belajar beberapa hal teknis dasar.

3 Cara Mendatangkan Traffic Gratis Untuk Pemula

Apakah Ini Cara Mendatangkan Traffic Revolusioner?

Dimana Anda tidak perlu susah payah dan traffic datang dengan sendirinya? Lupakan jika Anda mau. Ingat, selalu membutuhkan usaha, kerja keras, dan waktu. Jika Anda tidak mau, maka lupakan saja bisnis. Memang, ada tool dan sistem akan bisa mempermudah Anda bekerja. Silahkan, jika Anda memiliki anggarannya. Namun tetap, Anda membutuhkan ilmunya dulu meski sudah punya tool yang hebat.

Ingat juga, jika Anda bekerja keras sekarang, itu hanya awalan saja. Jika tidak mau, Anda tinggal memiliki karyawan dan bayar mereka. Jika belum sanggup bayar, maka mulailah lakukan sendiri dulu. Pilihannya itu. Jika bermimpi sedikit kerja, hasilnya besar, silahkan cari di tempat lain.

Kemampuan Dasar Untuk Mendatangkan Traffic Gratis

Jika Anda tidak cash maka modal Anda adalah content. Ya, membuat konten adalah kemampuan dasar untuk mendatangkan traffic gratis. Saya sering mengatakan bahwa membuat konten adalah salah satu dari kemampuan terpenting dalam bisnis online. Anda harus bisa. Anda harus belajar.

Kabar baiknya, untuk membuat konten Anda tidak harus menjadi ahli baik dari segi kontennya mau pun dari segi tekniknya. ANda tidak perlu menjadi seorang profesor agar bisa membuat konten. Anda cukup memiliki kemauan belajar dan riset kemudian meramu menjadi konten baru.

Berkaitan dengan teknik pengemasan pun tidak perlu sampai mahir. Saat Anda sudah bisa membuat artikel yang difahami orang, bisa membuat video yang enak ditonton, atau gambar sederhana yang penting rapi, itu sudah cukup. Jika belum bisa, belajarlah dulu, ini kemampuan dasar penting yang mudah dipelajari.

Saya juga sama. Asalanya tidak bisa menulis artikel, tidak bisa membuat gambar, dan membuat video. Saya belajar. Dan saya akui hasil karya saya bukanlah konten terbaik, tetapi cukuplahh digunakan sebagai amunisi bisnis online saya. Terbukti sudah menghasilkan selama ini.

3 Cara Mendatangkan Traffic Gratis

Jika Anda sudah membaca sejauh ini, saya anggap Anda sudah setuju dengan kedua hal diatas. Anda siap bekerja keras dan mengorbankan waktu serta siap belajar membuat konten. Kontennya buat apa? Buat ketiga hal dibawah ini.

Simple Youtube Marketing

Cara pertama adalah dengan menggunakan youtube. Tidak perlu secanggih para youtuber top. Cukup yang sederhana saja, jika strateginya tepat, akan menghasilkan, akan mendatangkan traffic. Kuncinya Anda mau membuat konten untuk channel youtube Anda.

Membuat video untuk youtube itu mudah. Anda bisa menggunakan komputer (seperti saya) atau Anda bisa menggunakan kamera, bahkan cukup kamera HP Anda. Anda sudah bisa membuat video untuk Youtube Anda.

Strategi Simple Youtube Marketing

  • Pilih tema yang sesuai dengan apa yang akan Anda tawarkan. Misalnya jika Anda menawarkan produk herbal, Anda bisa memilih tema kesehatan alami yang spesifik. Jika menjual kosmetik, bisa berkaitan kecantikan. Jika berkaitan tentang bisnis online, maka pilih tema bisnis online. Pilihlah tema yang kira-kira Anda suka dan sanggup membuat kontennya.
  • Setelah menentukan tema, belajarlah ke Channel-channel setema. Lihat yang populer, kemudian perhatikan video-videonya. Tontonlah.
  • Pilih video-video paling populer, kemudian Anda pelajari:
    • Temanya
    • Thumbnail
    • Judul
    • Lamanya
    • Gaya Bahasanya
  • Buat video serupa, tapi tidak meniru atau menjiplak, apalagi re-apload. Buat video sendiri. Penting.
  • Ulangi terus, buat banyak video. Untuk awal bisa membuat video berdurasi 2-5 menit. Kejar di jumlah dulu.

Bagaimana cara mendatangkan traffic ke penawaran Anda? Simple, di deskripsi video Anda bisa mencantumkan link.

Facebook Groups Marketing

Daripada mengandalkan profil pribadi dan Halaman Facebook, jika mau menggunakan Facebook, menggunakan Group lebih menjanjikan untuk saat ini. Kuncinya sama dengan membuat channel Youtube, pemilihan tema yang tepat dan kemampuan Anda rutin mengisi konten.

Enaknya di Facebook Group, Anda lebih bebas membuat konten. Jika di Youtube fokus ke video, di group Anda bisa membuat artikel, video, gambar, dan link.

Sama halnya dengan membuat channel Youtube, silahkan pelajari Group-group Facebook yang rame dan populer untuk Anda ambil pelajarannya. Setelah menemukan ide yang tepat, kemudian lakukan saja.

Low Hanging Fruit Blogging

Apa itu Low Hanging Fruit Blogging? Yaitu membuat blog dengan fokus membidik kata kunci-kata kunci yang rendah bahkan tidak ada saingan. Setiap artikel mungkin mendatangkan sedikit traffic, tetapi itu lebih baik ketimbang berharap banyak traffic tetapi faktanya tidak ada sama sekali. Anda harus riset kata kunci.

Berkaitan pemilihan tema dan sebagainya, pada prinsipnya sama. Bedanya kalau blogging, fokus konten berupa tulisan. Seperti yang sedang Anda baca ini.

Pilih Salah Satu Atau Ketiganya

Sebelumnya saya menjelaskan pentingnya fokus dan strategi the one. Saran saya, Anda bisa fokus ke salah satunya dulu. Meski pun, jika memungkinkan Anda bisa menembak 3 burung dengan 1 peluru. Artinya Anda bisa membuat satu konten untuk mengisi ketiga pilar traffic Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat 1 konten. Konten ini bisa Anda posting di Youtube, FB Group, dan Blog. Untuk di blog Anda bisa menuliskan teks dari video Anda. Dengan cara ini, Anda bisa membidik orang-orang di 3 platform dengan 1 ide konten.

Terapkan Prinsip Massive Imperfect Action

Sekali lagi, Anda tidak perlu sempurna. Tidak perlu membuat konten yang sempurna. Misalnya membuat video dengan kamera mahal, diedit dengan software mahal agar jadi video yang sangat bagus. Tidak harus. Itu langkah selanjutnya. Untuk awal, video, gambar, dan artikel sederhana pun sudah bisa menghasilkan, yang penting lakukan secara massive.

Begitu juga dengan riset untuk menemukan ide sempurna. Ide yang sekira bisa menghasilkan sudah cukup. Tidak perlu ide yang brilian. Kadang kita tidak tahu, ide mana yang akan menghasilkan. Kita hanya bisa menemukan sejauh mana ide itu berhasil dari percobaan banyak ide. Saya tidak tahu, artikel mana yang akan mendatangkan banyak traffic. Saya mengetahui setelah saya posting ratusan artikel.

Begitu juga dengan memilih kata kunci. Tidak perlu memilih kata kunci yang tepat, kata kunci yang sempurna. Meski banyak kekurangan, banyak tanda tanya, hajar saja. Sering kali saya tidak memeriksa persaingan, langsung saja saya buat kontennya. Buat artikel sebanyak mungkin.

Kesimpulan Cara Mendatangkan Traffic Gratis

Cara mendatangkan traffic gratis itu mudah dan bisa dilakukan. Penghalangnya adalah malas dan tidak shabaran. Jika Anda mau berusaha, tekun, kerja keras, ngotot, dan berkorban, maka Anda bisa.

Sehingga pada akhirnya bukan masalah modal. Bukan juga masalah bisa atau tidak. Tetapi cara mendatangkan traffic gratis itu lebih ditentukan sejauh mana kemauan, keuletan, dan keshabaran Anda dalam berusaha.


Gratis eBook, Video, dan PDF Khusus untuk member Sukses Bisnis Online Club.

Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *