|

3 Langkah Penting Cara Mendapatkan Modal Usaha Bagi Pemula

Jika kita berbicara tentang cara mendapatkan modal, apa yang ada dalam pikiran Anda?

Mungkin bagaimana caranya mendapatkan dari bank, koperasi, atau pemerintah. Ini betul dan memang benar. Salah satu cara mendapatkan modal adalah dari pihak luar. Termasuk dari para investor.

Pertanyaannya, bisakah pemula mendapatkan modal dari luar? Bisa saja, tidak ada yang tidak mungkin. Namun banyak yang mengeluh tidak bisa atau sangat sulit.

Dibutuhkan kepercayaan dan jaminan. Kita tidak bisa menyalahkan orang yang menuntut kedua hal ini. Saat kita menjadi investor, pastinya kita juga ingin kedua hal ini dari orang yang meminta modal dari kita. Orang tidak mau mengeluarkan uang dengan resiko tinggi.

Sebenarnya, cara mendapatkan modal itu banyak. Jadi jangan hanya fokus pada pinjaman saja. Banyak cara. Bahkan lebih aman dan menyenangkan. Juga tanpa riba.

Ada 3 langkah penting, yang sangat mendasar, yang perlu kita lakukan agar mendapatkan modal menjadi lebih mudah.

Cara Mendapatkan Modal

Langkah Pertama Manfaatkan Waktu dan Tenaga Anda

Jika Anda membutuh modal uang, salah satu cara mendapatkan modal adalah dengan memanfaatkan waktu atau tenaga Anda. Termasuk keterampilan, pengalaman, dan ilmu Anda untuk mendapatkan modal.

Ini salah satu cara yang sederhana dan sering “tidak kepikiran”. Padahal ini adalah langkah awal untuk mendapatkan modal. Bahkan modal besar. Baca terus agar tidak gagal faham.

Bagaimana caranya? Cara ini dilakukan jika Anda benar-benar tidak punya uang. Yaitu dengan bekerja atau menjual jasa kepada orang lain.

Tapi …

Ya saya faham. Dengan bekerja dan menjual jasa, mungkin hasilnya tidak besar. Tapi ini bisa menjadi langkah pertama Anda menuju modal yang lebih besar. Minimal Anda sudah punya biaya operasional, sudah punya uang bensin, sudah bisa untuk koneksi internet, sudah bisa menjamu investor, dan sebagainya.

Selain jual jasa, juga menjual produk orang lain. Niatkan saja untuk mendapatkan modal besar. Ini hanya langkah awal untuk memulai impian Anda.

Banyak pebisnis pemula yang terus mengeluh karena tidak punya modal. Mau bisnis internet tidak punya laptop atau komputer. Tidak punya modal untuk membeli produk. Bahkan tidak punya uang untuk ongkos atau mengajak makan siang calon investor.

Padahal, dibandingkan mengeluh, bekerja dan jualan jauh lebih baik.

Setelah kita punya uang untuk operasional, kita bisa mulai memikirkan untuk mendapatkan modal yang lebih besar lagi.

Saya pernah membaca buku yang membahas bagaimana cara mendapatkan penghasilan 100 juta dollar. BUKAN RUPIAH, dollar! Dan ternyata, kita akan membutuhkan jutaan dollar sebagai modal awalnya.

Intinya adalah kita bertahap. Jangan dulu langsung ingin mendapatkan modal ratusan juta. Mulai dengan mencari jutaan dulu, sebagai modal untuk ke tangga berikutnya. Jutaan dulu, puluhan juta, kemudian ratusan juta.

Dan untuk mendapatkan jutaan, itu bisa kita lakukan hanya dengan mengandalkan waktu dan tenaga kita. Bekerja atau jualan apa yang sudah ada.

Saya sudah menulis berbagai panduan cara jualan di blog ini. Yang dijual pun banyak pilihannya jika kita mau.

Langkah Kedua Cara Mendapatkan Modal: Menjadi Bisa Dipercaya

Kesalahan yang sering terjadi adalah banyak orang yang hanya fokus berpikir bagaimana caranya agar orang lain mau meminjamkan modal kepada kita. Tetapi mereka lupa bagaimana caranya menjadikan diri kita layak untuk diberikan pinjaman.

Nah, jika Anda ingin lebih mudah mendapatkan modal, maka jadikan diri Anda orang yang layak. Baik layak diberikan pinjaman maupun investasi bagi hasil.

Ingat bahwa orang mengeluarkan modal ingin mendapatkan untung. Kecuali uang dari orang tua Anda atau pihak yang mau membantu saja. Jika dari investor atau lembaga keuangan, maka mereka berharap menguntungkan dan uangnya tidak hilang.

Makanya, mereka hanya akan memberikannya kepada orang yang dipercaya. Bagaimana caranya?

  • Jujur adalah kriteria pertama untuk dipercaya.
  • Ilmu dan kemampuan menjalankan bisnis. Salah satu contohnya tunjukan kemampuan Anda dengan berjualan dulu seperti disebutkan langkah 1.
  • Mental yang kuat. Orang akan mencari orang yang rajin, disiplin, tekun, ulet, pantang menyerah, dan mental positif lainnya. Ini juga bisa dibuktikan dengan kemauan Anda melakukan apa yang bisa Anda lakukan, misalnya jualan atau bekerja seperti dijelaskan di langkah satu.

Saya pernah bertemu dengan orang yang mengeluh karena tidak ada orang yang percaya kepada dia. Ya iyalah, karena memang tidak bisa dipercaya. Dari pada mengeluh, buktikan bahwa Anda layak dipercaya. Buktikan bahwa Anda jago jualan, misalnya.

Langkah Tiga Gunakan Konsep Leverage

Jika langkah pertama fokus pada aset atau sumber daya sendiri, maka langkah ketiga ini kita lebih fokus kepada aset atau sumber daya dari luar. Termasuk uang orang lain.

Jika Anda sudah terbukti jago jualan misalnya. Selain Anda sudah punya modal operasional dasar, Anda sudah mulai membangun kepercayaan. Orang lain mungkin akan mau berinvestasi dan bekerja sama dengan Anda.

Memanfaatkan sumber daya yang ada termasuk uang orang lain, waktu orang lain, skill orang lain, dan sebagainya, itu disebut leverage atau daya ungkit. Jika kita bisa mengelola dengan baik, ini bisa menjadi cikal bakal modal besar Anda.

Jika Anda sudah punya uang meski pun belum banyak, Anda leverage untuk mendapatkan uang lebih banyak. Jika Anda sudah punya pengelaman menjual, maka leverage untuk mendapatkan mitra dan investor.

OK, saya sudah membuat kursus singkat tentang konsep leverage yang bisa Anda dapatkan disini.

Penutup

Ada banyak teknis mendapatkan modal. Namun sebelum Anda ke teknis, saya menyarankan lakukan dulu 3 langkah ini. Banyak orang yang pandai teknis membuat proposal bisnis, namun karena kemampuan jualan dan tidak faham leverage, tetap saja susah mendapatkan modal.

Kadang untuk mendapatkan modal bisa dimulai dengan mengajak makan siang calon investor (hanya contoh). Tentu tidak bisa di tempat makan murahan. Ini juga butuh uang. Maka penting untuk memiliki modal awal dengan cara bekerja atau jualan jasa.

Ada yang mengeluh tidak punya komputer atau laptop. Saya juga pernah. Saya dengan sengaja mencari uang untuk membeli komputer dengan menjual jasa saya. Dan berhasil. Komputer didapat untuk modal bisnis online saya selanjutnya.

Orang hanya akan berinvestasi kepada orang yang dipercaya. Maka jadilah orang yang dipercaya. Baik dipercaya secara pribadi (jujur) dan juga percaya dengan kemampuan Anda (punya ilmu, skill, dan mental yang kuat.

Dan manfaatkan konsep leverage. Sebenarnya banyak sumber daya di luar yang bisa kita akses dan dimanfaatkan. Caranya dengan konsep leverage. Maka fahami apa itu leverage.

OK, ini memang baru bagian awal bagaimana cara mendapatkan modal bagi pemula, tapi ini menjadi fondasi penting untuk langkah selanjutnya.


Gratis eBook, Video, dan PDF Khusus untuk member Sukses Bisnis Online Club.

Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *