Belajar WordPress

Mengapa Belajar WordPress?

Mengapa kita perlu belajar wordpress? Karena wordpress adalah software pembuat dan pengelola website yang paling banyak digunakan dan cukup mudah. Termasuk blog suksesbisnisonline.my.id ini menggunakan wordpress.

WordPress itu ada 2 macam:

  • WordPress Gratisan, dimana kita bisa membuat website atau blog secara gratis. Anda bisa membuatnya di https://wordpress.com
  • WordPress Self Hosted. Sebenarnya softwarenya gratis juga, hanya saja diinstall di hosting sendiri. Hosting sendiri dengan domain sendiri yang biasa berbayar seperti suksesbisnisonline.my.id ini.

Pilih WordPress.com atau Self Hosted?

Kalau saya pilih keduanya. WordPress.com gratis berikut subdomain dan hostingnya, meski pun terbatas. Jika mau domain dan tambahan hosting, tentu Anda bisa upgrade ke berbayar.

Kalau yang berbayar saya lebih suka yang self hosted, artinya saya pesan domain dan hosting sendiri kemudian install wordpress. Lebih fleksible termasuk biaya dan jenis hosting yang mau kita pilih.

Saya menggunakan wordpress.com hanya yang gratisannya untuk keperluan SEO. Namun pada umunya untuk website dan blog saya memilih wordpress selfhosted.

Untuk wordpress.com gratisan tentu saja domainnya terbatas hanya subdomain, misalnya suksesbisnisonline.wordpress.com. Juga dibatasi space, pemilihan theme, dan pemilihan plugin.

Saran saya, minimal punya satu website dengan wordpress self hosted dan banyak wordpress.com untuk pendukung.

Berbagai Tutorial Belajar WordPress

Dibawah ini saya sajikan berbagai tutorial berkaitan dengan wordpress, baik yang self hosted maupun wordpress.com.

Kumpulan Tutorial WordPress Self Hosted

Kumpulan Tutorial WordPress.com