Cara Mendatangkan Traffic

Traffic adalah istilah untuk pengunjung di pemasaran online. Traffic bisa dikatakan orang-orang yang melihat konten Anda. Jadi cara mendatangkan traffic adalah cara, teknik, metode, atau strategi agar konten kita dikunjungi atau dilihat oleh orang-orang.

Klik disini untuk langsung ke artikel-artikel cara mendatangkan traffic.

Orang-orang yang sesuai dengan profil target pasar kita disebut traffic tertarget atau targeted traffic. Ini yang sebenarnya kita harapkan. Semakin tertarget maka semakin besar peluang terjadi penjualan.

Percuma kita punya produk yang hebat. Disajikan dengan copywriting yang bagus, tetapi tidak ada yang melihatnya. Banyak yang mengatakan, traffic itu darahnya bisnis. Tidak ada traffic, maka bisnis akan mati.

Maka penting, seorang penjual atau pebisnis online menguasai cara mendatangkan traffic. Bisa dengan cara berbayar maupun yang gratisan atau organik.

Framework Dasar Cara Mendatangkan Traffic

Berikut framework (tata cara/langkah demi langkah) dasar cara mendatangkan traffic. Fahami dulu framework, kemudian silahkan baca berbagai artikel dibawah untuk lebih mendalami dan mempraktekan framework mendatangkan.

Siapa Target Pasar Anda?

Anda tidak akan bisa membidik jika tidak mengetahui siapa yang Anda bidik. Jadi harus jelas, produk atau jasa Anda mau dijual ke siapa? Misalnya apakah ke perempuan atau laki-laki? Lebih spesifik lagi, apa pekerjaannya, beruapa usianya, level mana tingkat ekonominya, dan sebagainya.

Dimana Mereka Berkumpul?

Setelah mengetahui “siapa”nya, maka kita sudah mulai bisa membayangkan, dimana mereka berkumpul. Sebagai contoh di dunia online, apakah mereka kumpul di Facebook, di Youtube, di Instagram, di Linkedin, di Google? Atau platform lainnya?

Mungkin, target pasar Anda ada di berbagai platform. Sering kali sebuah platform itu lebih spesifik siapa yang berkumpul disana. Misalnya untuk Instagram lebih banyak perempuan. Tiktok untuk generasi muda.

Saat kita sudah mengetahui siapa target pasar, akan lebih mudah mencari dimana mereka berkumpul. Mengetahui dimana mereka berkumpul, akan lebih mudah menarik atau mendatangi mereka.

Tarik Mereka Dengan Umpan

Tempat berkumpul target pasar bisa dianalogikan sebuah kolam. Maka untuk mendapatkan “ikan-ikan” disana, kita bisa memancingnya dengan apa yang disebut umpan atau hook.

Umpannya bisa macem-macem, yang intinya sesuatu yang menarik mereka. Bisa memberikan yang gratisan, yang murah, yang eksklusif, dan sebagainya. Pokoknya cari apa yang menarik bagi target pasar Anda.

Teknisnya bisa dengan menerbitkan konten, bisa dengan membagikan sample, bisa dengan mengiklankan sesuatu yang menarik. Dan sebagainya, bayak sekali pilihan. Tidak terbatas sesuatu dengan kreativitas Anda.

Tujuan menampilkan daya tarik kepada mereka tentu untuk diarahkan ke sistem penjualan Anda. Bisa langsung ke landing page (sales page), menggunakan sales funnel, atau untuk ketemuan langsung (presentasi).

Tinggal kita menyesuaikan dengan karakteristik platform yang kita gunakan. Jika mereka pengguna Google, maka kita harus mengetahui apa yang mereka cari, kemudian buat konten.

Jika mereka menggunakan social media, kita juga harus memahami karakteristik social media yang digunakan. Jelas karakteristik Facebook beda dengan Tiktok. Maka sesuaikan caranya.

Ilmu tentang cara mendatangkan traffic sangat luas. Untuk itu kami akan mengupdate halaman ini dengan berbagai artikel yang berkaitan dengan cara mendatangkan traffic.

Traffic Framework ala SuksesBisnisOnline.club

Artikel-artikel Cara Mendatangkan Traffic

Berikut artikel-artikel berkaitan dengan mendatangkan traffic.