|

Jenis-Jenis Bisnis Online Yang Bisa Membuat Anda Kaya

Artikel ini bisa memberikan pemahaman utuh bagi Anda tentang jenis-jenis bisnis online yang bisa Anda pilih. Macam-macam bisnis online itu banyak, seperti bisnis offline juga. Karena pada asarnya bisnis online dan offline itu sama, yang berbeda hanya medianya.

Penting sekali Anda memahami jenis-jenis bisnis online secara utuh sehingga tidak terjebak dengan asumsi keliru tentang bisnis online. Biasanya orang memahami sesuatu berdasarkan apa yang pertama kali dia fahami. Tidak sedikit orang yang mengira bisnis online money game.

Serius, banyak pertanyaan tentang bisa online yang saya terima. Dari pertanyaan itu menyiratkan kalau mereka beranggapan bisnis online money game. Mungkin, karena gencarnya para pemain money game, sehingga menipu orang awam. Mudah-mudahan, bagi Anda yang masih bertanya-tanya apa itu bisnis online.

Jenis-Jenis Bisnis Online

Definisi Bisnis Online

Definisi atau pengertian bisnis online pada dasarnya sama saja dengan bisnis biasa. Bisnis online adalah bagian bisnis pada umumnya dengan kekhususan menggunakan media online untuk komunikasi dan pengiriman produk atau dasar. Pada bisnis online, sebagian atau seluruh aktivitas dilakukan secara online.

Yang menjadi pembeda utama adalah aktivitas pemasaran yang menggunakan media online. Mulai dari promosi, penjualan, branding, customer service, membangun komunitas, CRM, dan sebagainya menggunakan media online. Maka dikenal dengan istilah pemasaran online atau pemasaran digital atau pemasaran internet.

Saya memperkirakan, semakin lama, tidak ada lagi perbedaan bisnis online dan bisnis offline. Pada akhirnya semua bisnis akan offline juga. Bahkan warung tetangga Anda, tidak menutup kemungkinan ke depan akan menggunakan media online untuk promosi warung mereka. Meski pun saat ini masih jelas perbedaannya, bisnis online adalah bisnis yang menggunakan media online. Itu saja, sederhana.

Jenis-jenis Bisnis Online Yang Bisa Anda Pilih

Karena bisnis online dan bisnis offline itu pada dasarnya sama, maka macam-macam bisnis online juga sama dengan bisnis online. Memang ada kekhasan dalam bisnis online. Jika saya bahas lebih jauh tentang jenis-jenis bisnis online, pastinya akan membahas tentang model bisnis online, ini akan menjadi pembahasan panjang.

Karena artikel ini ditujukan untuk pemula, maka saya akan batasi membahas macam-macam bisnis online yang cocok untuk pemula dan sering kali ditemui sehari-hari.

Menjual Produk Atau Jasa Secara Online

Pada dasarnya bisnis online itu sama dengan bisnis offline, yaitu menjual produk dan jasa. Produk dan jasa dibagi dua, ada produk dan jasa digital ada juga berupa fisik. Produk fisik seperti menjual berbagai barang kebutuhan sehari-hari. Produk digital seperti materi edukasi: ebook, video, kursus online, audio, desain, software.

Jika Anda pernah mendengar bisnis reseller, masuk kategori ini. Meski pun di Indonesia masih suka rancu definisi reseller dengan program afiliasi. Reseller itu menjual produk biasa. Anda membeli produk dalam harga grosir, kemudian jual dengan harga lebih mahal dengan cara mengecer.

Intinya adalah menjual produk itu bisa Anda buat sendiri (produsen/product creator) atau reseller dimana Anda membeli kemudian dijual ulang. Ini berlaku baik produk fisik maupun produk digital.

OK, kita bahas saja satu per satu.

Toko Online (Menjual Produk Fisik)

Toko online adalah salah satu model bisnis yang menjual produk fisik. Anda bisa menjual produk melalui website toko online sendiri maupun menggunakan web site toko online bersama yang disebut market place. Toko online sendiri ibarat sebuah toko di pinggir jalan. Market place itu seperti pasar, pertokoan, atau mall di dunia nyata. Market place yang paling populer saat ini seperti tokopedia, bukalapak, lazada, blibli, shopee, dan market place Facebook.

Macam-macam produk fisik tidak perlu dibahas, karena kita sudah faham. Sama saja dengan produk yang bisa kita jumpai di toko-toko offline.

Menjual Produk Digital

Menjual produk digital tidak selamanya harus online. Sudah lama produk digital dijual secara offline. Contohnya bagaimana Microsoft menjual softwarenya sebelum ada dunia internet. Namun sekarang, seringkali identik dengan bisnis online.

Apa saja sich produk digital itu?

  • ebook (buku elektronik, dalam format PDF, kindle, epub, dan sebagainya)
  • Video
  • Audio
  • Template desain grafis (berbagai format software desain grafis)
  • Template website, termasuk WordPress Theme
  • Software
  • Plugin website, paling populer adalah plugin wordpress
  • dan sebagainya

Menjual Jasa

Bisa dengan menjual jasa yang selama ini dijual secara offline. Bisa juga berbagai jasa yang khas dilakukan secara online. Menjual jasa pun sama dengan menjual produk. Anda bisa menjualnya secara mandiri melalui website sendiri atau melalui website broker seperti sribu, fiver, odesk, dan sebagainya. Mirip market place, hanya saja ini khusus untuk menjual jasa.

Peluang menjual jasa pun sangat luas. Anda bisa menjual pengetahuan, skill, bahkan waktu Anda.

Jika Anda pernah mendengar bisnis freelance, termasuk disini.

Software as a Service (SaaS)

SaaS sendiri adalah sebuah layanan perangkat lunak berbasis internet yang dapat langsung digunakan oleh para penggunanya, dimana pengguna tidak perlu bersusah payah untuk melakukan instalasi server sendiri dan belajar bahasa pemrograman. Yang dibutuhkan, hanya pengguna bersedia berlangganan dalam waktu tertentu.

Untuk berlangganan, tentu saja si pengguna harus membayar. Anda sebagai pemilik SaaS mendapatkan uang dari sana. Aplikasinya banyak. Bisa untuk marketing atau keperluan operasional bisnis lainnya. Contoh-contohnya:

  • Autoresponder
  • Penyimpanan file
  • Software Design
  • dan sebagainya

Partnership (Kerja Sama)

Bagi Anda yang tidak punya produk atau jasa, Anda bisa masuk ke dunia kerja sama. Jika Anda bertanya, bagaimana dengan Youtuber? Youtuber masuk ke kategori Parnership. Namanya juga Youtube Partner Program. OK, kita bahas saja beberapa contoh populer.

Yang namanyanya kerja sama, Anda biasanya harus mengajukan kerja sama. Biasanya ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut bukan untuk menyulitkan, tetapi demi kepentingan semua pihak. Semuanya harus untung.

Youtube Partner Program

Sekarang lagi ngetrend menjadi youtuber. Banyak orang yang sudah menghasilkan banyak uang melalui program kerja sama antara Anda sebagai pembuat video dengan youtube. Kerja samanya dimana? Menampilkan iklan. Para pebisnis yang ingin menampilkan iklan di Youtube, pastinya harus membayar Youtube. Nah, dari bayaran itu, Youtube membaginya dengan pemilik channel. Bagi hasil.

Besarannya tergantung kontribusi yang Anda berikan dan jenis iklannya. Contoh kontribusi adalah seberapa banyak Anda menayangkan iklan. Kadang beda iklan akan beda bayarannya, karena harga masang iklan di Youtube itu berbeda. Detilnya in syaa Allah dibahas pada postingan lain.

Google Adsense

Google Adsense pada dasarnya sama dengan Youtube Partner Program, bahkan bisa disebut kakaknya karena datang lebih dulu. Bedanya Google Adsense menggunakan website kita sebagai media iklannya. Jika Anda membuka website, kemudian ada iklan dari Google, artinya pemilik website menjalin kerja sama Google Adsense.

Program Afiliasi

Program afiliasi juga adalah program kerja sama antara Anda dengan pemilik produk. Bisa langsung dengan pemilik produk, bisa juga melalui “broker” atau marketplace. Atau Anda bisa menjual produk-produk yang ada di Amazon, Clickbank, untuk lokal seperti Ratakan.

Sistem kerja samanya ialah Anda dibayar per penjualan (komisi). Besar komisi tergantung pemilik produk. Mulai dari 1% hingga 75%. Untuk produk fisik biasanya kecil, 1% hingga 5%. Untuk produk digital biasanya cukup besar antara 30% sampai 75% bahkan ada yang 100%.

Tugas Anda hanya mengirimkan traffic ke link atau URL khusus untuk Anda (disebut link afiliasi). Penjualan yang terjadi melalui URL tersebut akan diketahui bahwa Anda yang mereferensikan sehingga Anda berhak dapat komisi.

Program Dropshipping

Dropshipping adalah jenis bisnis online gabungan menjual produk dan kerja sama. Anda memang menjual produk, tetapi produknya tidak Anda miliki alias punya orang lain (kerja sama dengan pemilik produk). Mirip dengan program afiliasi? Tidak. Ada samanya, yaitu sama-sama menjual produk orang lain.

Jika di program afiliasi Anda hanya mengirim traffic, sementara di program dropshipping Anda menjual produk sendiri. Anda yang melayani calon pembeli, Anda yang menerima transfer, tapi pemilik produk yang mengirimnya. Tentu saja si pemilik produk akan mengirim setelah Anda membayar harga dasar dan ongkos kirimnya.

Aplikasi Android (Admob)

Sama dengam Google Adsense dan Youtube Partner Program, bedanya Anda menggunakan media aplikasi. Anda membuat aplikasi, masukan kode dari Google, kemudian masukan ke Playstore. Akan ada iklan dari Google dan Anda akan mendapatkan bayaran.

Pernah buka aplikasi yang ada iklannya?

Network Marketing Online

Sesuai namanya, ini adalah bisnis network marketing atau MLM yang dijalankan secara online. Yang saya bahas disini adalah benar-benar network marketing, bukan money game. Anda perlu faham dan bisa membedakannya mana MLM yang benar dan mana money game.

Network Marketing online adalah gabungan antara menjual produk dan program kerja sama. Sebagai member sebuah perusahaan network marketing, Anda berhak menjual produknya. Bagaimana jika tidak ada produknya? Maka dipastikan itu bukan Network Marketing, tetapi masuk ke kategori money game. Meski pun ada juga money game yang punya produk sebagai kamuflase saja, produk murah dijual dengan harga selangit.

Cara kerja Network Marketing pada dasarnya adalah selain menjual produk sendiri juga membangun jaringan pemakai dan pemasar produk. Network Marketing online artinya menjalankannya secara online (dibahas pada artikel lain: Cara Menjalankan Bisnis MLM Secara Online).

Cara memilih bisnis MLM yang baik, aman, dan menghasilkan.

Blogger, List Builder, dan Youtuber

Sebelum saya akhir, saya ingin sedikit membahas apa yang disebut dengan istilah-istilah diatas sebagai model business online. Blogger adalah orang yang suka ngeblog, pemilik blog dan terus menerbitkan konten blog. List Builder adalah orang yang membangun daftar kontak baik melalui email, WA, Telegram, dan sebagainya. Youtuber adalah pemilik channel youtube yang suka upload video.

Dari mana menghasilkan uangnya? Sebagai blogger, list builder, dan youtuber bisa menghasilkan uang dari kombinasi jenis-jenis bisnis online diatas. Sebagai contoh blogger, bukan hanya mendapatkan uang dari Google Adsense, juga bisa menghasilkan uang dengan menjual produk fisik, produk digital, jasa, afiliasi, network marketing, dan sebagainya. Satu blog bisa banyak sumber penghasilan. Begitu juga untuk list builder dan youtuber.

Dan saya melakukan ketiganya: blogger, list builder, dan youtuber.

Cara Gabung Atau Join Bisnis Online

Tidak semua bisnis online harus gabung. Jika Anda mengikuti jenis bisnis online kerja sama atau network marketing, itu memang harus join atau mengajukan diri. Untuk bisnis lainnya tidak perlu gabung dengan siapa pun karena Anda bisa melakukannya secara mandiri. Misalnya Anda mau jual jasa, maka buat landing page, tawarkan jasa Anda, kemudian datangkan traffic.

Cara gabung bisnis network marketing online, tinggal gabung dengan perusahaannya melalui membernya. Mau gabung dengan program afiliasi, tinggal daftar saja. Mau jadi dropshipper, tingga daftar saja. Kadang, perusahaan besar seperti Google memiliki berbagai persyaratan yang harus kita penuhi agar bisa bekerja sama.

Kesimpulan

Tentu saja saya belum membahas semuanya. Setidaknya sudah bisa memberikan wawasan tentang apa itu bisnis online dan jenis-jenis bisnis online yang bisa Anda jalankan. Silahkan Anda pilih. Saran saya gunakan prinsip The One.

Mana peluang bisnis online yang paling menguntungkan? Semuanya. Pilih saja. Masing-masing punya keunggulan dan peluang memberikan hasil yang besar. Faktanya, dari masing-masing bisnis yang dibahas diatas ada orang yang sukses dan kaya. Kuncinya lebih kepada Anda. Ya, tergantung Anda menjalankan bisnis itu.

Tentu saja, masing-masing jenis-jenis bisnis online diatas belum dibahas lebih detil. Artikel ini baru dalam tahap wawasan. Untuk lebih detilnya masing-masing bisnis online dibahas pada artikel terpisah. Silahkan buka-buka blog ini. Jika belum ada berarti belum dibuat, silahkan gabung email list kami agar dapat pemberitahuan melalui email.


Gratis eBook, Video, dan PDF Khusus untuk member Sukses Bisnis Online Club.

Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *