|

Ide Bisnis Membuka Toko Online – Panduan Lengkap

Sedang menjajaki ide bisnis membuka toko online?

Di artikel ini Anda akan mendapatkan informasi yang cukup lengkap, memberikan gambaran menyeluruh, sehingga Anda faham bener apa itu bisnis toko online.

Plus berbagai tips dan strategi agar bisa meraih sukses di bisnis membuka toko online. Sehingga Anda akan punya toko online yang menjanjikan dan bisa memberikan hasil yang menarik.

Membuka toko online bukan sekedar membuat website toko online kemudian berharap banyak pembeli. Tidak seperti, perlu strategi dan taktik agar laris.

Sebelum kita bahas penjelasan ide bisnis membuka toko online, kita bahas dulu apa itu toko online.

ide bisnis membuka toko online

Apa Itu Toko Online?

Toko online itu toko yang online. He he. Sederhana kan? Bedanya yang online hanya gambar dan deskripsi produk saja. Produknya bisa dikirim melalui kurir, COD, atau datang langsung ke tempat.

Toko online adalah website yang menampilkan banyak produk secara online dilengkapi dengan sistem pemesanannya. Website bisa miliki sendiri, bisa di marketplace, bisa di social media, aplikasi, bahkan di aplikasi chat seperti WA pun sudah ada.

Jadi toko online itu sangat banyak variasinya. Bukan masalah website atau bukan. Namun intinya adalah bagaimana jualan produk secara online. Jika secara offline kita bukan toko, kios, lapak, atau ruko, maka itu pun ada di dunia maya.

OK kita bahasa langkah-langkah membuka toko online.

Langkah #1: Tetapkan Niche atau Kategori Produk

Ada dua pendekatan yang bisa Anda lakukan untuk ide membuka toko online.

Pertama Anda bisa menentukan niche. Apa itu niche? Niche itu adalah ceruk pasar. Kelompok spesifik target pasar yang mau Anda bidik. Misalnya Anda mau membidik mamah muda, tinggal di perkotaan, kalangan ekonomi menengah.

Dari niche Anda bisa menentukan produk-produk apa yang cocok untuk niche Anda. Anda list produk yang mau Anda jual, kemudian Anda cari sumbernya.

Yang kedua Anda bisa memilih salah satu kategori produk. Sebagai contoh Anda memilih mau membuat toko online pakaian muslimah. Ini sebuah kategori produk dimana banyak pilihan produk di dalamnya. Ada hijab, gamis, bandana, kaos kaki, sepatu, ciput, dan sebagainya.

Untuk pemula saya sarankan memilih 2 pendekatan ini. Jangan memilih semua produk untuk semua orang. Bukan tidak boleh, tetapi akan berat dalam usahanya.

Langkah #2: Tentukan Cara Mendapatkan Produk Untuk Dijual Di Toko Online

Anda tidak harus langsung punya produk, yang terpenting sudah ada atau sudah mengetahui cara mendapatkan produk. Karena mendapatkan produk adalah pekerjaan berkelanjutan dari bisnis toko online.

Banyak cara mendapatkan produk, diantaranya:

Produksi Sendiri

Cara pertama dan ideal adalah memproduksi sendiri dengan kualitas dan brand Anda sendiri. Jika modal Anda cukup, bisa dalam skala besar. Jika tidak bisa dengan skala rumah dulu (industri rumah).

Ini bisa disesuai dengan passion atau keahlian Anda. Misalnya Anda passion dan mampu membuat kue, maka Anda bisa memproduksi kue. Bisa juga busana. Bisa juga peralatan. Dan sebagainya, banyak sekali ide produk yang bisa dijalankan di rumah.

Maklun

Cara kedua ini masih produksi sendiri tetapi menggunakan pihak ketiga. Artinya Anda memesan produk dalam jumlah tertentu ke pabrik atau industri. Misalnya membayar konveksi untuk membuat busana. Atau Anda bisa mencari produsen makanan untuk produksi makanan. Mencari pabrik herbal atau kosmetik untuk membuat herba dan kosmetik Anda.

Maklun bisa dikatakan produksi sendiri lebih hemat karena tidak perlu menyediakan peralatan atau mesin sendiri. Uang Anda hanya untuk membeli produk yang merupakan aset lancar dan bisa kembali modal dengan cepat.

Perlu hati-hati dalam memilih maklun, yang bisa dipercaya dan bisa menjaga kepercayaan. Misalnya memegang perjanjian tidak menjual produk kita, model, resep, atau lainnya ke pihak lain. Jika perlu ada perjanjian di awal, hitam diatas putih.

Reseller (Grosiran atau Kulakan)

Cara ketiga adalah dengan cara reseller, yaitu Anda membeli produk yang lebih murah (diskon) untuk dijual di harga lebih mahal (normal). Biasanya ada minimum pembelian untuk mendapatkan diskon.

Untuk membeli produk dengan harga reseller atau grosiran/kulakan bisa menghubungi pabrik, distributor, atau agen besar. Anda bisa mencarinya di tempat tinggal Anda atau bisa juga mencarinya di internet.

Import

Import bisa menjadi salah satu opsi mendapatkan produk. Ini akan bagus jika memang di Indonesia belum ada prodesennya produk sejenis. Jika sudah ada, lebih baik dukung saja produk dalam negeri sebelum produk dari luar negeri.

Saya sendiri kurang tertarik dengan import. Saya menyampaikan disini hanya karena keilmuan saja. Saya lebih menyarankan silahkan produksi sendiri, jika mau menjual produk reseller, utamatakan produk dalam negeri.

Dropshipping

Dropshipping adalah kerja sama antara penjual dan pemilik produk. Penjual tidak harus memiliki produk, hanya fokus menjualnya. Saat ada yang beli, maka pemilik produk yang mengirimkan atas nama Anda.

Karena dropshipping itu bentuknya kerja sama, maka harus ada kesepakan diawal atau ada aqad untuk kerja sama. Jadi tugas Anda bisa mencari dan membuat deal dengan pemilik produk.

Deal termasuk tentang kesepakan harga dan sistem transaksi. Ini sejak awal sebaiknya dibicarakan. Kadang pemilik produk yang sudah biasa membuka kerja sama dropsipping, mereka sudah punya aturan dan sistem baku. Jika kita bergabung artinya sudah sepakat.

Pada langkah ini Anda menentukan mau cara yang mana saja, membuat deal jika kerja sama, mengetahui cara order, dan sebagainya agar Anda siap menjual produk tersebut.

Langkah #3: Membuat Toko Online

Ada banyak cara membuat toko online. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak ada satu pun yang disebut paling baik. Atau Anda bisa juga mengotimal semua pilihan yang bisa Anda lakukan (multi channel).

Toko Online Dengan Domain dan Hosting Sendiri

Cara membuat toko online itu banyak caranya, banyak tempatnya. Anda bisa membuat toko online menggunakan website dan domain sendiri. Sehingga Anda bisa memunculkan brand Anda di domain tanpa dicampur domain yang lain.

Anda bisa membuat toko online dengan wordpress:

  1. Sewa domain dan hosting.
  2. Install wordpress di hosting Anda (panduan langkah 1 dan 2 disini)
  3. Kemudian install theme atau plugin toko online berbasis toko online. Banyak pilihannya baik yang berbayar maupun gratisan.
  4. Lakukan settingan awal toko online Anda.

Anda juga bisa menggunakan software toko online lainnya yang bukan berbasis wordpress.

Berikut list platform website terbaik diantaranya ialah:

  1. OsCommerce (PHP dan MySQL dengan lisensi GNU)
  2. ZendCart (PHP MySQL)
  3. Pinacle Cart (PHP MySQL)
  4. Viart (PHP MySQL)
  5. 3D Cart
  6. ShopFactory (PHP MySQL)
  7. Sequirrel Cart (PHP MySQL)
  8. SunShop (PHP MySQL)
  9. Interspire (PHP MySQL)
  10.  Instantestore (PHP MySQL)
  11. X Cart (PHP MySQL)
  12. Lite Commerce (PHP MySQL)
  13. Avactis (PHP MySQL)
  14. Bosscart (PHP MySQL)
  15. Fortune3 Ecomerce Sofware
  16. CS-Cart (PHP MySQL)
  17. Fat Free Cart (PHP MySQL)
  18. Shopperpress (PHP MySQL
  19. SimpleCaddy (PHP MySQL)

Cara install ada yang mudah semudah install wordpress di cPanel. Mungkin ada juga yang harus manual.

Saran saya, jika pusing dengan teknis, lebih baik bayar saja jasa pembuatan toko online. Jangan sampai bisnis Anda terhalang oleh masalah teknis.

Membuat Toko Online di Marketplace

Saat artikel ini ditulis sedang zamannya marketplace. Marketplace itu seperti pasar atau mall. Dimana Anda bisa membuka toko disana. Adan shoppee, tokopedia, bukalapak, lazada, dan sebagainya.

Anda tidak perlu menggunakan domain dan hosting. Anda bisa dikatakan numpang tempat disana.

Lalu apa keuntungan si marketplace? Biasanya Anda harus menyisihkan biaya admin untuk mereka dari setiap penjualan yang terjadi.

Tentu ada plus minus antara toko online dengan domain dan hosting sendiri dibanding marketplace. Masing-masing ada keunggulan dan ada juga kelamahan. Memadukan keduanya bisa mengurangi kelemahan dan memadukan keunggulan.

Toko Online di Social Media dan Aplikasi Chat

Social media dan aplikasi chat juga ada yang memberikan fasilitas toko online. Misalnya Whatsapp, jika Anda menggunakan whatsapp business, Anda bisa membuat katalog online. Jika Anda menggunakan halaman Facebook juga ada fasilitas toko online selain ada Facebook Marketplace.

Dan Berbagai Tempat Lainnya

Toko online sebenarnya tidak harus kaku seperti software toko online atau di marketplace. Bisa saja Anda memanfaatkan blog, menampilkan gambar produk dan deskripsi. Untuk urusan order bisa langsung chat di WA.

Jadi bebas saja membuat toko online itu. Yang penting Anda bisa menampilkan produk dan ada sistem penjualannya atau transaksi.

Langkah #4: Upload Gambar, Deskripsi, dan Data Produk

Setelah jadi produknya, maka anda bisa input produk di toko online Anda. Masukan gambar, deskripsi, dan data produk yang meliputi harga, spek, berat, dan sebagainya.

Mulai upload produk-produk yang sudah siap dijual. Jika ada produk baru nanti, bisa diupload kemudian.

Halaman produk akan sangat menentukan apakah orang membeli atau tidak. Maka kita perlu optimasi semaksimal mungkin agar halaman produk menjual, diantaranya:

  1. Gambar produk yang bagus dan berkualitas. Bagusnya hasil sendiri supaya unik.
  2. Deskripsi produk yang menjual, bukan hanya daftar fitur dan benefit, tetapi perlu ditulis dengan teknik copywriting yang bagus. Makanya Anda perlu belajar copywriting.
  3. Cara menulis deskripsi yang rapi, mudah dibaca, dan tidak membosankan.
  4. Masukan hal-hal yang meyakinkan calon pembeli, seperti testimoni dan bukti
  5. Optimasi secara SEO agar ditemukan di mesin pencari. Anda juga perlu belajar SEO.

Langkah #5: Pasarkan Toko Online Anda

Kadang suka ada orang yang sudah membuat toko online terus dibiarkan. Berharap akan ada orang yang datang dan kemudian laris.

Tentu aja akan membutuhkan pemasaran. Tanpa pemasaran bagaimana produk Anda laris. Apa pun bisnis Anda akan membutuhkan pemasaran atau marketing.

Apa itu pemasaran? Silahkan klik disini untuk memahami apa itu pemasaran. Jika mau bisnis, maka penting memahami pemasaran karena pemasaran adalah setengahnya bisnis.

Anda siapkan strategi dan brandingnya. Kemudian siapkan kata-kata dan materi promosinya.

Agar bisnis online menghasilkan uang maka dibutuhkan 3 sistem:

  1. Money Maker (produk)
  2. Sistem Traffic
  3. Sistem Transaksi

Untuk produk sudah dibahas diatas, kita bahas 2 sistem lainnya:

Sistem Transaksi

Jika Anda menggunakan toko online pada umumnya, sistem traksaksi sudah ada. Tinggal digunakan. Seperti ada form order seperti Anda belajar di marketplace. Ada juga form yang mengarah ke WA. Atau sederhananya Anda menggunakan no WA untuk transaksi.

Intinya, penting, ada cara transaksi. Termasuk Anda punya rekening untuk pembayarannya.

Sistem Traffic

Ini sangat penting dan akan menjadi pekerjaan Anda terus-menerus, yaitu mendatangkan traffic atau pengunjung ke toko online Anda. Jika tidak ada yang datang, siapa yang mau beli?

Diantaranya:

  • Promosi di social media.
  • Iklan, baik di Google, Facebook, Tiktok.
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Dan sebagainya.

Untuk selengkapnya Anda bisa belajar mendatangkan traffic disini. Khusus yang mau teknik SEO bisa di baca disini.

Faktor Sukses Toko Online

Ada beberapa faktor yang menentukan sukses tidaknya ide bisnis membuka toko online.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan:

  1. Pemilihan target pasar yang tepat.
  2. Pemilihan produk yang tepat.
  3. Strategi pemasaran yang tepat.
  4. Cara anda menjual, seperti tampilan, copywriting, gambar produk, dsb.
  5. Jumlah traffic yang datang.
  6. Cara Anda melayani pembeli.
  7. Pemilihan waktu yang tepat.

Untuk awal coba saja dulu dengan pertimbangan-pertimbangan 7 hal diatas. Jika masih belum berhasil, maka perbaikilah salah satu atau lebih dari 7 hal diatas. Bisa saja hanya satu yang bermasalah, misalnya trafficnya kurang. Maka tingkatkan trafficnya.

Atau bisa jadi traffic sudah banyak tetapi belum laris, maka cobalah copywritingnya. Jika masih belum berhasil mungkin pemilihan target atau produk yang salah.

Bisnis memang seperti ini. Akan membutuhkan percobaan dan mengambil resiko. Akan membutuhkan perbaikan secara terus-menerus. Dan akan membutuhkan kekuatan mental Anda. Bisnis apa pun seperti ini.

OK, demikianlah pembahasan ide bisnis membuka toko online, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau tambahkan, tuliskan di komentar.


Gratis eBook, Video, dan PDF Khusus untuk member Sukses Bisnis Online Club.

Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *