Bagaimana Cara Menggunakan SEO untuk Promosi Usaha

Bagi yang belum faham apa itu seo, silahkan baca dulu penjelasan dasar tentang SEO. Pada kali ini saya akan membahas bagaimana cara menggunakan SEO untuk promosi usaha.

Setelah kita memahami teknik dan konsep SEO, lalu penerapannya bagaimana?

Ternyata ada banyak sekali variasi penerapan atau penggunaan SEO. Jika Anda pernah berlajar kepada seorang guru SEO, itu mungkin salah satunya. Bukan satu-satunya.

Saya akan menjelaskan 3 cara menggunakan SEO yang cukup umum dilakukan. Sebenarnya bukan hanya 3, tetapi kita bahas yang cukup umum saja.

Bagaimana Cara Menggunakan SEO untuk Promosi Usaha

Cara Menggunakan SEO Yang Pertama Adalah Authority Website

An authority website is a site that is trusted. It’s trusted by its users, trusted by industry experts, trusted by other websites and trusted by search engines

www.searchenginewatch.com

Artinya, kira-kira, sebuah website yang dipercaya. Website tersebut dipercaya oleh pengguna, para ahli di industri tersebut, dan dipercaya oleh mesin pencari.

Otoritas ini dibentuk oleh kualitas dan kuantitas konten. Hanya dengan kualitas dan kuanitas konten orang akan percaya dengan website kita. Termasuk juga Google atau mesin pencari, sehingga konten kita lebih mudah rangking.

Tentu kita melakukan teknik SEO mulai dengan riset kata kunci, membuat konten yang relevan, dan melakukan optimasi SEO. Backlink akan datang dengan sendiri saat kepercayaan itu mulai muncul.

Memang untuk membangun website yang memiliki kuantitas konten yang banyak dan juga berkualitas tinggi membutuhkan kerja keras dan waktu. Namun hasilnya akan bisa kita nikmati dalam jangka panjang.

Apa ukurannya sebuah website termasuk otoritas atau bukan? Mesin pencari punya algoritmanya. Namun mereka tidak pernah membagikannya dengan kita. Memang ada pihak ketiga (moz.com) yang mencoba mengembangkan konsep Domain Authority (DA), juga Page Authority (PA).

DA dan PA sekarang dijadikan acuan oleh oleh para ahli SEO di dunia. Nilainya antara 0 sampai 100. Semakin mendekati angka 100, maka dianggap semakin memiliki otoritas (menurut perhitungan rumus moz.com).

Cara mengeceknya bisa dicoba melalui tool ini.

Tertarik membuat authority site? Ini bagus untuk jangka panjang. Namun jika mau hasil lebih cepat, Anda bisa mencoba kedua pendekatan yang akan kita bahas selanjutnya.

Implementasi SEO Yang Kedua Adalah Niche Site

Meskipun menurut saya, istilah ini kurang tepat. Ada benarnya tetapi banyak orang yang salah mendefinisikan niche. Banyak yang mendefinisikan niche itu sebagai kategori spesifik. Sehingga istilah yang tepat sebenarnya Specific Category Site.

Artinya membuat website seperti Authority Site versi mini, hanya spesifik membahas kategori tertentu. Biasanya Authority Site itu lebih umum, misalnya tentang rumah tangga. Anda membuat website yang spesifik membahas peralatan dapur. Ini sering disebut niche site (padahal specific category site).

Tapi Niche Site juga tidak salah. Niche itu segmen pasar spesifik. Jadi sebuah website yang fokus ditujukan ke segmen spesifik tertentu. Misalnya Anda membuat website khusus untuk mamah muda golongan ekonomi menengah yang berprofesi sebagai karyawan. Ini baru cocok disebut niche site.

Terlepas yang mana, namun secara konsep sama, artinya lebih spesifik. Bagi Anda yang pemula sangat disarankan dimulai dari sini. Saingannya lebih ringan dan juga waktu yang dibutuhkan untuk belajar lebih sedikit.

Bahkan ada juga yang disebut dengan micro niche site. Ini website yang lebih spesifik. Sangat spesifik. Boleh Anda coba. Persaingannya lebih kecil meski pun pasarnya pun lebih sedikit. Tapi kenapa tidak?

Anda bisa membuatnya dengan konsep blog seperti Sukses Bisnis Online ini. Jadi website ini termasuk ke Niche Website, yang saya tujukan untuk para pebisnis online pemula.

Cara Penerapan SEO Yang Ketiga Disebut Parasite Site

Sesuai dengan namanya, parasite = menumpang. Pertanyaanya menumpang ke siapa? Menumpang ke website-website yang sudah memiliki otoritas tinggi seperti Facebook, Youtube, Instagram, blog gratisan, forum besar, document sharing, image sharing, dan sebagainya.

Jadi tidak memiliki website sendiri tetapi numpang. Sebagian orang ada yang menyebut black hat. Ada juga yang menyebut grey hat. Artinya praktek SEO yang tidak dianjurkan.

Menurut pendapat saya, itu tergantung. Jika cara Anda merusak, melanggar aturan, membodohi audiens, dan sebagainya, itu tentu tidak dianjurkan. Namun selama dibolehkan oleh website yang kita tumpangi dan tidak mengganggu komunitas, silahkan saja.

Keunggulannya bisa ranking cepat untuk kata-kata kunci rendah saingan, bahkan dengan konten seadanya.

Kesimpulan

OK, diatas adalah 3 cara menggunakan SEO yang cukup umum dilakukan. Jadi cara penerapan SEO itu bukan hanya satu saja. Ada banyak pilihan bahkan diluar yang 3 ini.

Mana yang saya lakukan? Idealnya ketiganya. Cara cepat bisa jadi cepat hilang lagi. Tapi cepat menghasilkan. Cara lama akan memberikan hasil jangka panjang, tetapi lama nunggunya. Jadi lakukan saja 2 atau 3 cara itu secara sinergi. Ini yang saya lakukan.

Tidak ada yang disebut cara terbaik. Masing-masing punya keunggulan dan kekurangan. Caranya agar saling melengkapi adalah melakukan 2-3 cara diatas. Atau cara lain.

OK, mudah-mudahan membuka wawasan baru tentang SEO. Silahkan lanjutkan belajar SEO kemudian Anda bisa menerapkan dengan 2 atau 3 cara menggunakan SEO diatas.


Gratis eBook, Video, dan PDF Khusus untuk member Sukses Bisnis Online Club.

Selengkapnya Disini

One Comment

  1. Luar biasa kang rahmat. Sebenarnya saya juga baru mulai bisnis online. 2022 ini. Selama ini saya banyak belinya melalu online dari pada jualnya. Saya 2023 ini ingin memaksimalkan jualan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *