|

Cara Menjual Produk Secara Online dengan Cepat

Mengapa Anda mencari informasi cara menjual produk secara online dengan cepat? Jika Anda pebisnis online yang ingin menjual produknya secara cepat, maka halaman ini adalah panduan tepat untuk Anda. Menjual cepat adalah impian semua pebisnis online.

Adakah cara ini?

Tentu saja. Jika Anda ingin menjual satu dua produk, mungkin akan cepat terjual. Berbeda jika Anda ingin menjual banyak produk dengan cepat dan terus-menerus. Ini akan membutuhkan strategi dan semua pebisnis ingin seperti ini. Tentu saja tidak mudah. Inilah keinginan setiap pebisnis.

Saya akan jelaskan strategi menjual produk dengan cepat. Mungkin Anda cuci gudang? Atau mengejar target penjualan tertentu? Apa pun tujuan Anda, berbagai taktik dan strategi dibawah ini bisa Anda pilih dan terapkan yang sesuai dengan bisnis Anda.

Cara Menjual Produk Secara Online dengan Cepat

 

Datangkan Traffic Sebanyak dan Secepat Mungkin

Tentu, semakin banyak traffic, akan semakin banyak produk Anda terjual. Untuk itu Anda rencanakan bagaimana mendatangkan traffic sebanyak mungkin. Ini tergantung seberapa kuat bisnis Anda. Berapa jumlah tim yang Anda miliki dan seberapa besar anggaran yang Anda miliki untuk mendatangkan traffic.

Secepat Apa Anda Ingin Menjual Produk?

Jika Anda ingin menjual produk secepat-cepatnya dalam hitungan hari, maka traffic berbayar jawabannya. Ya, iklan, endorse, dan sebagainya. Dengan membayar, Anda akan mendatangkan traffic dengan cepat tergantung seberapa banyak jumlah target pasar Anda. Dan tentu anggaran Anda.

Apakah pasti dengan mendatangkan banyak traffic penjualan akan meningkat?

Dalam hidup ini, termasuk bisnis, tidak ada kepastian. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Jadi ada peluang gagal selain peluang berhasil. Anda harus berani mengambil resiko. Namanya juga bisnis. Jika tidak mau mengambil resiko, ya jangan bisnis.

Jika definisi cepat itu dalam hitungan tahun, misalnya dalam 1 tahun, maka Anda juga bisa memikirkan cara-cara mendatangkan traffic secara organik. Tentu saja, Anda dan tim Anda perlu bertindak masif. Sebagai contoh:

  • Menulis artikel di blog sebanyak mungkin
  • Membuat video di youtube sebanyak mungkin
  • Posting gambar dan membangun follower instagram sebanyak mungkin

Lakukan semuanya dengan cepat, kerahkan semua tim Anda. Butuh waktu berbulan-bulan dalam mendatangkan traffic secara organik. Perlu dipertimbangkan dengan dead line Anda. Jika tidak, maka fokus pada traffic berbayar seperti iklan Facebook.

Pentingnya Uji Coba

Saat Anda akan menjual produk secepat mungkin melalui iklan, maka harus mempersiapkan anggaran. Termasuk anggaran untuk testing. Baik iklan Facebook dan Google, akan membutuhkan sejumlah anggaran untuk testing. Tanpa testing, bisa jadi Anda sedang membuang-buang uang.

Tidak ada formasi iklan yang pasti akan menguntungkan, pasti akan menjual. Perlu diuji. Dan, pengujian ini akan membutuhkan anggaran. Jadi persiapkan anggaran untuk menemukan formasi iklan yang tepat. Setelah itu, baru bisa memperbesar anggaran sambil tetap diawasi.

Meningkatkan Peluang Keberhasilan

Mendatangkan traffic sebesar mungkin memang cara menjual secepat mungkin. Pertanyaannya adalah dijamin laku? Seberapa tingkat lakunya. Beriklan pun ada strateginya, perlu persiapan sebelum Anda mendatangkan traffic. Dan persiapan ini diintegrasikan dengan uji coba yang dibahas diatas.

Jika dalam ujicoba, produk Anda tidak atau kurang laris, maka lakukan perbaikan pada 4 hal dibawah ini. Perbaikan pada keempat kombinasi ini, ditambah meningkatkan traffic, maka akan terjadi penjualan yang lebih baik.

Penawaran (Offer)

Langkah pertama, perbaiki penawaran Anda. Jangan hanya menjual produknya saja, tetapi berikan nilai tambah dengan harga yang sama. Semakin besar nilai tambah produk Anda, akan semakin laris. Cara meningkatkan nilai tambah produk Anda bisa dengan menambahkan berbagai bonus.

Kadang, hanya dengan mengganti kemasan saja, bisa memberikan nilai tambah. Coba pertimbangkan kemasan yang lebih baik jika memungkinkan. Kemudian foto dengan baik dan profesional.

Penawaran juga bisa ditingkatkan dengan menurunkan harga jika memungkinkan bagi bisnis Anda.

Copywriting

Produk bagus dan penawaran yang menarik haruslah dikomunikasikan dengan baik kepada pelanggan Anda. Jika tidak, maka mereka tidak akan faham dan tidak akan membeli. Begitu juga, Anda harus menambahkan motivasi agar mereka segera membeli produk Anda. Inilah tugas copywriting.

Artinya untuk meningkatkan konversi penjualan atau mengubah traffic menjadi pembeli, maka Anda harus menggunakan teknik copywriting. Bukan hanya menampilkan foto dan deskripsi produk, tetapi tampilkan kata-kata atau tulisan yang dirancang sedemikian rupa, hingga calon pembeli Anda terbujuk untuk membeli.

Iklan

Setelah memiliki penawaran yang bagus, kemudian disajikan dengan sangat menarik melalui teknik copywriting, maka tugas selanjutnya bagaimana agar iklan Anda membawa calon pembeli yang murah, tertarget, dan banyak tentunya. Anda benar-benar harus mengoptimalkan anggaran Anda untuk mendatangkan calon pembeli.

Apa saja yang mempengaruhi iklan?

  • Media iklan yang menarik, untuk pemasaran online, berkaitan dengan kualitas gambar atau video.
  • Copywriting yang membujuk agar orang mendatangi penawaran Anda (landing page misalnya).
  • Targeting yang tepat, yaitu mengarahkan iklan ke target yang sengaja anda bidik.
  • Dan tentunya seberapa besar anggaran iklan Anda.

Closing

Jangan dilupakan juga dengan peran orang yang membantu dalam closing. Semua tergantung produknya. Untuk pasar di Indonesia, banyak pembeli yang ingin komunikasi dulu. Misalnya melalui WhatsApp. Maka peran orang yang melayani calon pembeli sangat vital. Jangan sampai, setelah Anda mendatangkan banyak orang tetapi tidak bisa mengubahnya menjadi pembeli.

Siapkan sumber daya manusia yang cukup dan terlatih untuk menerima order dan melakukan follow up.

Cara Menjual Produk Secara Online dengan Cepat Menggunakan Faktor Kali

Jual Banyak Produk Sekaligus

Selain melakukan promosi besar-besaran, cara menjual produk secara online dengan cepat adalah dengan menggunakan faktor kali. Artinya Anda tidak menjual produk satu per satu ke setiap orang, tetapi menjual banyak dalam setiap transaksi. Siapa yang membeli produk dalam jumlah banyak?

Ya, Anda menjual bukan ke individu, tetapi ke bisnis. Misalnya:

  • Para reseller
  • Agen atau distributor
  • Perusahaan yang membutuhkan produk Anda untuk bahan atau komponen produk lain.

Selanjutnya Anda harus menyusun strategi promosi untuk membidik mereka. Misalnya menggunakan teknik SEO atau Google Ads yang membidik kata kunci yang mungkin mereka gunakan. Misalnya:

  • grosir [nama produk Anda]
  • supplier [nama produk Anda]
  • pemasok [nama produk Anda]
  • reseller [nama produk Anda]
  • pabrik [nama produk Anda]
  • dan sebagainya

Bangun Pasukan Penjual

Faktor kali kedua adalah membangun pasukan penjual. Bisa secara internal atau tim Anda. Bisa juga membangun pasukan independen yang bukan tim Anda. Hubungan yang terjadi hanya kerja sama.

Untuk internal artinya Anda membangun tim penjualan. Sebuah tim yang fokus untuk menjual produk dengan jumlah SDM yang memadai. Mereka bisa ditugaskan untuk melakukan apa yang sudah dibahas diatas.

Untuk eksternal, Anda bisa menjalin kerja sama dengan para pemasar. Bentuk kerja sama yang biasa dilakukan saat ini adalah dalam bentuk dropshipping dan afiliasi. Dropshipping adalah model kerja sama, dimana para pemasar mempromosikan produk dan Anda yang mengirimkannya.

Sementara afiliasi biasanya menggunakan website referal yang sudah diprogram bisa menelusuri dan mencatat siapa yang memberikan referensi. Artinya Anda menjual produk dengan website yang bisa menjalankan program afiliasi.

Kemudian, promosikan program dropshipping dan afiliasi. Semakin banyak mereka, maka faktor kali semakin besar, dan produk Anda akan semakin cepat terjual.

Jika Tetap Tidak Laku

Bagaimana jika, semua yang diatas sudah dilakukan namun tetap tidak atau kurang laku?

  1. Pastikan produk Anda memang laku. Artinya bisa jadi produk Anda kurang bernilai, sudah tidak cocok dengan zaman sekarang, atau sudah banyak alternatif lain yang jauh lebih baik dari produk Anda. Jadi, ada kemungkinan masalah ada pada produknya. Produk yang jelek, sehebat apa pun pemasaran Anda tidak akan banyak menolong. Langkah yang harus dilakukan adalah memperbaiki produk Anda. Meningkatkan nilai tambah atau menurunkan harga. Keputusan ada di tangan Anda.
  2. Jika produk Anda sebenarnya produk laris, maka fokus Anda adalah memperbaiki keempat hal diatas. Mulai dengan memperbaiki penawaran, copywriting, iklan, dan closing. Sering kali membutuhkan waktu dan biaya dalam upaya memperbaiki hal diatas. Biaya akan dibutuhkan untuk ujicoba. Setiap perbaikan, lakukan uji coba dengan iklan. Dan ini bisa berkali-kali, sehingga membutuhkan waktu dan usaha.

Penutup

Kecepatan butuh energi. Seperti Anda mempercepat mobil Anda, menginjak gas artinya meningkatkan pembakaran energi di mesin mobil Anda. Begitu juga, energi berlari akan lebih besar dibandingkan energi berjalan. Untuk itu, cara menjual produk secara online dengan cepat adalah dengan meningkatkan “energi” penjualan. Baik itu SDM, sumber daya lainnya, dan tidak lepas dari anggaran.

Plus, Anda akan membutuhkan skill atau kemampuan lebih tinggi jika mau cepat. Jika Anda baru belajar nyetir, jangan coba-coba ngebut sebelum Anda melatih dulu keterampilan menyetir Anda. Begitu juga, cara cepat menjual produk secara online dengan cepat akan membutuhkan keterampilan lebih baik. Atau, Anda membayar orang lain untuk melakukannya.


Gratis eBook, Video, dan PDF Khusus untuk member Sukses Bisnis Online Club.

Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *