|

Apa Yang Dimaksud Dengan Email Marketing?

Apa Yang Dimaksud Dengan Email Marketing? Baiklah saya akan bahas disini dengan pembahasan yang lengkap sehingga bisa Anda fahami dan praktekan segera.

Memang sangat penting memahami Apa Yang Dimaksud Dengan Email Marketing. Sebab jika salah, Anda bisa terjebak apa yang disebut SPAM.

Email marketing bukanlah cara promosi kepada sembarangan email, baik itu email hasil mencari di internet atau membeli. BUKAN seperti itu.

Ada etika yang perlu kita ikuti. Jika kita memasarkan produk atau jasa dengan cara tidak beretika, maka itu bisa merusak reputasi produk, merk, dan juga Anda secara pribadi.

SPAM adalah cara pemasaran yang tidak beretika. Misalnya mengirim email kepada orang yang tidak memintanya dan dikirim secara terus-menerus.

Lalu bagaimana caranya agar kita hanya mengirim email kepada orang yang memintanya? Di artikel inilah kita akan membahasnya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Email Marketing?

Pengertian Email Marketing Yang Benar

Sederhananya email marketing adalah pemasaran yang menggunakan email. Ada dua hal yang perlu diperhatikan disini, yaitu email dan pemasaran. Kita perlu memahami kedua istilah ini dengan benar.

Pertama berkaitan email. Email adalah alat komunikasi yang banyak digunakan sejak lama sampai saat ini. Meski aplikasi chatting sudah banyak bermunculan, seperti WA, namun pengguna email masih sangat banyak. Sayang jika diabaikan.

Dalam penggunaan email, juga alat komunikasi lainnya, tentu ada etika yang perlu kita fahami. Di penjualan offline, kita tidak boleh sembarangan masuk ke rumah orang untuk menawarkan produk. Begitu dalam dunia maya, termasuk email.

Kita tidak boleh mengirim email sembarangan, karena itu tidak etis. Akan sama dengan kita masuk rumah orang tanpa izin untuk menawarkan produk.

Yang dimaksud dengan marketing kita memahaminya secara luas. Bukan hanya jualan, tetapi juga promosi, branding, differensiasi, segmentation, targeting, positioning bisa diterapkan juga. Tentu boleh saja kita menggunakan email hanya untuk jualan. Tapi marketing bukan hanya jualan.

Jadi email marketing adalah bagaimana kita menggunakan email untuk kegiatan pemasaran kita. Bisa untuk berbagai tujuan pemasaran, misalnya:

  • Bagaimana kita memanfaatkan email untuk menjual produk?
  • Bagaimana kita menggunakan email untuk membangun brand?
  • Bagaimana kita memanfaatkan email untuk segmentasi dan targeting?
  • Bagaimana kita menggunakan email untuk meningkatkan layanan kita (service)?
  • Dan sebagainya

Jadi email marketing itu bukan sekedar mengirim email. Anda bisa menerapkan email fokus di satu tujuan atau bisa untuk berbagai tujuan sekaligus.

Bagaimana Cara Kerja Email Marketing?

Apakah email marketing itu cukup menggunakan akun gmail kita? Bisa saja. Untuk urusan email marketing secara personal, itu bisa saja dilakukan. Seperti penjualan one to one. Namun jika sudah berususan dengan banyak email, akun gmail jelas sudah tidak bisa digunakan.

Tool Atau Software Email Marketing

Pembahasan strategi email marketing tidak bisa lepas dari tool atau software email marketing. Jika kita hanya memahami gmail sebagai alat mengirim dan menerima email, maka persepsi email marketing hanya seperti itu.

Namun jika kita mengenal dan memahami teknologi email marketing, maka strategi email marketing bisa berubah. Teknologi memang menggerakan atau mengarahkan ekonomi. Termasuk dalam email marketing.

Saat ini sudah ada tool atau software email marketing yang memiliki kemampuan yang luar biasa. Bukan hanya mengirim email dan menerima saja.

Berikut beberapa kemampuan software email marketing yang sudah ada di pasaran:

  • Mengumpulkan alamat email menjadi data base dengan menggunakan formulir pendaftaran (form).
  • Mengirimkan email ke banyak alamat email, ribuan, ratusan ribu, bahkan jutaan alamat email. Dikenal dengan istilah broadcast.
  • Mengelompokan data alamat email berdasarkan kriteria tertentu. Satu kelompok email dikenal dengan istilah List.
  • Mengirim email secara otomatis. Dikenal dengan autoresponder.
  • Mengenal siapa saja yang membuka email, yang mengklik email, email tidak aktif, dan sebagainya.
  • Ada fasilitas berlanggan dan berhenti. Istilahnya subscribe dan unsubcribe.
  • Bisa menampilkan berbagai data statistik untuk keperluan mengukur efektivitas email marketing.
  • Dan sebagainya tergantung software yang kita gunakan.

Perhatikan istilah-istilah yang ditebalkan, Anda perlu cukup akrab dengan istilah tersebut karena akan banyak digunakan dalam email marketing.

Strategi Email Marketing

Setelah kita mengenal kemampuan software email marketing maka kita bisa menyusun startegi email marketing dengan memanfaatkan teknologi tersebut. Jadi teknologilah yang menentukan strategi.

Kunci menyusun strategi email marketing adalah sesuai dengan tujuan kita menggunakan email marketing. Jika fokus pada jualan maka kita memikirkan bagaimana mengoptimalkan kemampuan software email marketing untuk menjual.

Sebagai contoh, kemampuan autoresponder yang bisa mengirim email secara otomatis. Dengan autoresponder kita bisa melakukan follow up penjualan secara otomatis kepada orang yang mendaftar.

Kemampuan membuat list bisa kita gunakan untuk segmentasi dan targeting. Contoh sederhana Anda bisa membuat list untuk laki-laki dan untuk perempuan secara terpisah.

Jadi intinya kita perlu memahami kemampuan teknologi dan bagaimana memanfaatkannya untuk pemasaran email.

Sampai disini Anda sudah bisa melihat manfaat dan kelebihan email marketing. Punya karakter yang berbeda jika menggunakan marketing lainnya.

Contoh Pendekatan Email Marketing Menjual Produk Secara Sederhana

Penggunaan email marketing itu bisa sangat bervariasi. Email marketing itu hanya alat, tergantung bagaimana cara kita menggunakannya. Misalnya ada yang menggunakan untuk funneling, direct selling, branding, dan sebagainya.

Saat ini saya akan bahas salah satu contoh bagaimana menggunakan email marketing untuk menjual produk.

Saya akan jelaskan langkah-langkahnya. Untuk prakteknya akan berbeda tergantung layanan email marketing yang kita gunakan. Namun jika sudah memahami sistemnya, Anda tinggal mempelajari teknis sesuai dengan layanan yang Anda gunakan.

Jangan khawatir, saya sudah menggunakan berbagai layanan email marketing, hampir selalu ada tutorialnya.

Langkah-langkah dibawah hanya bisa dilakukan jika kita sudah mendaftar layanan email marketing. Yang saya gunakan silahkan klik disini.

Langkah Pertama Kumpulkan Email Tertarget (List Building)

Mengumpulkan email atau yang dikenal dengan istilah list building adalah lengkah pertama dalam berbagai pendekatan email marketing. Bagaimana kita bisa menjual produk via email, jika kita tidak punya daftar email?

Untuk menerapkan langkah ini, ada beberapa tahapan.

Siapkan Lead Magnet

Lead Magnet adalah daya tarik agar orang mau mendaftar. Contohnya:

  • ebook/video gratis
  • diskon
  • voucher
  • kursus via email
  • dan sebagainya

Saya sering membuat lead magnet berupa ebook gratis. Jika Anda belum bisa membuat ebook, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan ebook.

Persiapan Email Pengirim

Tergantung layanan email yang Anda gunakan, Anda perlu menyiapkan email pengirim. Ada yang white label ada juga yang tidak. White label artinya si penerima melihat si pengirim itu hanya email kita. Sementara bisa juga kita menggunakan layanan email marketing tersebut.

Ada sedikit setup untuk hal ini. Cuma sekali biasanya. Di layanan email yang saya gunakan disebut dengan Setup Domain. Jangan khawatir, ada panduan untuk teknisnya. Jika ada kesulitan bisa menghubungi bagian support yang bisa membantu. Ini akan berbeda untuk setiap layanan.

Buat List

Dalam satu akun layanan email kita biasanya bisa membuat banyak list. Ada yang dibatasi ada yang tidak. Satu list bisa untuk satu segmen target pasar. Contoh kita membuat list untuk target pasar kosmetik. Maka kita buat list untuk target kosmetik.

Buat list dengan nama yang menggambarkan target pasar Anda. Untuk teknisnya, masing-masing layanan email akan memberikan panduannya.

Buat Email Autoresponder

Anda masuk ke menu autoresponder, kemudian buat beberapa email untuk follow target. Misalnya:

  1. Email selamat datang dan pengiriman lead magnet
  2. Email follow up pertama
  3. Email follow up ketiga
  4. dan seterusnya

Jumlah email terserah Anda dan tergantung batasan yang disediakan layanan email marketing.

Kaitkan autoresponder dengan list Anda. Cara mengaitkan autoresponder juga akan berbeda-beda, silahkan cek panduan teknis di email yang Anda gunakan.

Buat Form Pendaftaran

Masuk ke menu pembuatan form. Kemudian buat form dan kaitkan dengan list. Untuk teknisnya silahkan lihat panduan dari layanan email yang Anda gunakan.

Pasang Form Pendaftaran di Landing Page atau Website Anda

Contohnya silahkan cek penawaran ebook gratis di website ini.

Promosikan Landing Page Anda

Silahkan promosikan atau datangkan traffic ke landing page Anda. Ini adalah usaha terus menerus sampai Anda bisa mengumpulkan banyak email. Penjualan akan terjadi saat jumlah email kita sudah cukup besar.

Langkah Kedua: Broadcast Secara Berkala

Terlepas Anda sudah membuat email otomatis atau autoresponder, Anda bisa melakukan broadcast secara berkala. Bisa berisi informasi, penawaran email, memberikan tips, dan berbagai hal yang bermanfaat.

Anda juga bisa menawarkan produk atau jasa lain saat broadcast.

OK, ini salah satu contoh penerapan email marketing untuk menjual produk secara sederhana. Memang ada cara lain? Banyak. Itu bisa Anda pelajari secara bertahap.

Penjelasan Video:

Berbagai Contoh Strategi Email Marketing

Ini sebenar materi tahap lanjut. Saya jelaskan untuk pengenalan dulu. Ini bisa dikatakan pengembangan dari startegi sederhana diatas.

Funneling

Funneling adalah salah satu pendekatan pemasaran secara bertahap sesuai dengan kesiapan target pasar. Disini Anda bisa membuat beberapa list untuk masing-masing tahapan. Sebagai contoh:

  • List untuk Leads (peminat)
  • List untuk warm Prospect (mulai tertarik)
  • List untuk hot Prospect (lebih tertarik)
  • List untuk Buyer (pernah membeli)

Disini Anda bisa memperlakukan setiap list dengan cara berbeda.

Variasi funneling juga sangat banyak.

More Specific Segment

Ini juga mirip dengan funneling. Bedanya list dikelompokkan berdasarkan segment pasar secara spesifik.

Sebagai contoh, target pasar Anda adalah segmen perempuan. Tapi Anda pecah lagi menjadi lebih spesifik.

  • List untuk wanita karir
  • List untuk ibu rumah tangga muda (mamah muda)
  • List untuk ibu rumah tangga senior
  • List untuk mahasiswi
  • dan sebagainya

Mungkin produk Anda sama untuk semua target pasar, tetapi cara Anda berkomunikasi mungkin berbeda.

Dan masih banyak pendekatan lain sesuai dengan kreativitas kita memanfaatkan kekuatan teknologi email marketing.

Penutup

Email marketing termasuk cara pemasaran yang sangat menarik. Berbagai pendekatan marketing bisa kita coba hanya dengan email sampai menemukan pendekatan yang efektif.

Jika Anda membutuhkan bantuan teknis, ada beberapa hal yang bisa kami bantu. Mulai dengan membuat website, membuat landing page, membuat ebook, dan juga membuat artikel. Selengkapnya cek disini:

Demikian penjelasan Apa Yang Dimaksud Dengan Email Marketing, semoga bermanfaat bagi Anda.


Gratis eBook, Video, dan PDF Khusus untuk member Sukses Bisnis Online Club.

Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *