|

Cara Membuat Promosi yang Menarik dan Menjual

Bagaimana cara membuat promosi yang menarik? Banyak yang mencoba langsung mencari contoh kata, kalimat, atau materi promosi. Betulkah hanya dengan melihat contoh kita bisa membuat promosi yang menarik?

Jawabannya tidak. Kenapa? Meski banyak contoh yang sudah kita lihat, jika kita tidak bisa membedakan mana contoh yang baik dan mana contoh yang salah, apa yang terjadi? Bagaimana jika Anda mencontoh promosi yang jelek? Mungkin dari segi tampilan sepertinya bagus, tetapi tidak memberikan hasil penjualan yang bagus.

Ibarat kita melihat lukisan. Bagi orang awam, mungkin lukisan yang bagus itu adalah lukisan yang bisa menampilkan objek yang sangat mirip. Tapi bagi yang faham seni lukis, bisa saja lukisan yang mahal itu lukisan yang menurut orang awam jelek. Begitu juga, materi memilih materi promosi.

Apakah Anda mencontoh materi promosi yang bagus atau jelek?

Anda bisa menjawabnya jika Anda tidak awam tentang materi promosi, memiliki ilmu dan pemahaman bagaimana sich cara membuat promosi yang menarik itu. Contoh akan sangat berguna setelah Anda memahami ilmunya.

Ilmu apa yang dibutuhkan? Setidaknya ada dua, yaitu desain dan copywriting. Dengan dua ilmu dan kemampuan itu Anda bisa membuat materi promosi yang bukan hanya menarik dilihat, tetapi menjual.

Cara Membuat Promosi yang Menarik dan Menjual

Peran Desain Dalam Membuat Materi Promosi Yang Menarik

Sebagai seorang pebisnis, Anda tidak harus menjadi seorang desinger. Namun harus tetap mengerti dasar-dasarnya. Untuk masalah teknis, Anda bisa membayar pihak ketiga atau memiliki karyawan yang memiliki kemampuan disini. Jika mau belajar bisa membuat materi sendiri pun boleh saja. Miliki saja kemampuan dasarnya dulu.

Jangan terlalu fokus bagaimana menguasai kemampuan software design yang canggih sampai mendalam. Sering kali, kemampuan dasar software grafis, ditambah prinsip-prinsip Desain Komunikasi Visual, dan prinsip copywriting, sudah bisa menghasilkan materi promosi yang menarik.

Saya punya 3 prinsip dalam desain materi promosi. Terlepas siapa yang membuatnya, saya akan menilainya dengan 3 prinsip ini. Jika ada yang kurang bagus, maka tinggal perbaiki.

Kesan Pertama Begitu Menggoda

Adalah penting memberikan kesan yang positif bagi orang yang melihat promosi Anda. Apakah mereka akan terkesan dengan tampilan materi promosi Anda atau menganggap biasa saja? Jika sekilas materi promosi Anda tidak menggoda mereka, mungkin mereka tidak akan pernah membaca materi promosi tersebut.

Pertanyaan pertama saat membuat materi promosi adalah: apakah cukup menggoda orang untuk melihat materi promosi Anda?

Desain Membentuk Persepsi

Desain itu akan membentuk persepsi. Banyak orang berkata, jangan menilai buku dari sampulnya. Itu memang betul, tetapi kebanyakan orang masih melakukannya. Nah, untuk itulah, dalam membuat desain materi promosi, perlu mempertimbangkan persepsi apa yang akan muncul di benak target pasar Anda?

Contoh paling sederhana berkaitan dengan harga. Apakah desain Anda membentuk persepsi murahan atau mahal? Membentuk persepsi biasa atau eksklusif? Inilah pertanyaan perlu diajukan saat Anda membuat desain.

Materi Promosi Itu Bukan Hiasan

Satu lagi kesalahan yang sering terjadi adalah membuat materi promosi seindah mungkin. Betul, desain yang indah itu bagus. Tapi jangan sampai menghilangkan fungsi utama media promosi. Pesan harus tersampaikan dengan mudah dan jelas. Jangan karena ingin mempercantik tampilan, orang jadi kesulitan mendapatkan pesan dari materi promosi Anda.

Pada dasarnya, kebanyakan orang itu malas membaca, jangan dipersulit lagi, nanti tambah malas. Jadi periksa desain Anda, apakah dengan mudah menyampaikan pesan? Salah satunya, cek font yang Anda gunakan, jangan hanya memilih font yang indah, tetapi mudah dibaca.

Agar Materi Promosi Anda Menjual

“Menarik” adalah tugas pertama materi promosi Anda. Menarik saja tanpa menjual, akan menjadikan Anda hanya membuang uang untuk membayar designer dan untuk biaya promosi. Pastikan materi promosi Anda mendatangkan hasil. Ini bisa dilakukan dengan apa yang disebut teknik copywriting.

Komunikasikan Value Produk Anda

Materi promosi Anda bukan untuk membuat, tetapi mengkomunikasikan value bagi target pasar Anda. Sebelum Anda memikirkan contoh kata atau kalimat yang menjual, justru pikirkan dulu value yang mau Anda tawarkan. Jika perlu, tambahkan value tersebut dengan menjadi sebuah offer yang menarik.

Anda harus mampu menggali value apa yang dimiliki produk Anda, kemudian komunikasikan dengan target pasar Anda. Apa dampaknya bagi kehidupan prospek Anda setelah menggunakan produk Anda.

Kepada Siapa Anda Menjual?

Adalah sangat penting materi promosi Anda ditujukan untuk target pasar yang tepat. Sehebat apa pun materi promosi Anda jika ditunjukan ke orang yang tidak tertarik, akan percuma. Anda perlu memahami siapa target pasar Anda dan membuat materi promosi untuk mereka.

Menjodohkan Produk dan Target Pasar

Selanjutnya adalah Anda harus menunjukan bahwa produk yang Anda promosikan adalah pilihan paling tepat bagi mereka. Tidak ada yang lain. Anda juga harus bisa menggambarkan apa yang akan mereka dapatkan, perubahan apa yang akan mereka alami, dan pengalaman apa yang akan mereka alami. Jadikan mereka cocok dengan produk Anda.

Jadikan Mereka Yakin

Materi promosi Anda pun harus menjadikan mereka yakin. Yakin bahwa produk Anda cocok untuk mereka. Juga yakin produk Anda akan memberikan apa yang mereka harapkan. Yakin mereka harus membelinya kepada Anda. Yakin bahwa tidak ada pilihan yang lebih baik selain produk Anda. Masukan semua yang meyakinkan target pasar Anda sedapat mungkin.

Susunan Materi dan Kalimat Yang Baik

Materi promosi itu pada dasarnya adalah komunikasi. Bahkan bukan hanya komunikasi dengan pikiran sadar tetapi komunikasi dengan pikiran bawah sadar mereka. Untuk itulah, dalam membuat materi promosi, susunan materi dan juga susunan kalimat harus baik. Yaitu pesan yang ingin Anda sampaikan bisa diterima oleh pikiran sadar dan pikiran bawah sadar prospek. Termasuk pemilihan kata-katanya.

Miliki Pengetahuan dan Kemampuan Membuat Materi Promosi

Membuat materi promosi itu tidak seperti membuat mie instant, Anda baca panduannya, Anda lakukan, dan jadilah mie instant yang enak. Banyak orang berpikir seperti itu, termasuk untuk urusan menjalankan bisnis dan pemasaran termasuk membuat materi promosi.

Itu membutuhkan pengetahuan dan kemampuan yang cukup. Analoginya seperti mengendarai mobil. Anggap Anda belum bisa sama sekali. Kemudian Anda membaca panduan mengendarai mobil, kemudian Anda berharap selamat bepergian dari Bandung ke Jakarta via tol? Jangankan sampai Jakarta, bisa saja Anda sudah nubruk bahkan saat baru keluar garasi.

Jika mengendarai mobil saja membutuhkan ilmu dan skill. Artinya perlu wawasan mengendarai mobil yang aman dan memiliki skill yang sudah cukup terlatih, barulah bisa berharap selamat. Begitu dalam membuat materi promosi. Miliki pengetahuan dan skill yang memadai, maka Anda bisa berharap materi promosi Anda akan menghasilkan.

Tidak Selalu Sekali Jadi

Mindset salah yang kedua adalah selalu berharap materi promosi langsung jadi, artinya langsung menghasilkan penjualan yang bagus. Jika mengeluarkan biaya, langsung menguntungkan. Tidak semudah itu Ferguso!

Jika Anda membuat materi promosi, kemudian langsung menghasilkan, itu adalah sebuah kebetulan. Namun jika Anda sudah membuatnya tetapi tidak menghasilkan, itu bukan masalah besar. Itu wajar. Yang perlu Anda lakukan adalah mencoba lagi. Saya selalu mengatakan eksperimental mindset itu penting bagi pebisnis.

Jangan mengeluh jika materi promosi tidak menghasilkan, apalagi sampai putus asa. Duch lembek banget jadi orang! Coba lagi, buat lagi, perbaiki yang sudah buat dan promosikan lagi. Masih belum menghasilkan? Ya, coba lagi.

Ini Yang Harus Anda Lakukan

Cara membuat promosi yang menarik adalah hasil dari ilmu dan kemampuan Anda plus hasil dari proses mencobanya. Anda perlu memiliki ilmu dan kemampuan agar memahami seperti apa materi yang menarik itu dan bisa membuatnya. Kemudian lakukan validasi dengan cara mencobanya.

Anda membaca artikel ini karena Anda faham sejauh mana pentingnya promosi bagi bisnis Anda. Maka penting bagi Anda untuk memiliki kemampuan membuat materi promosi. Salah satunya adalah kemampuan copywriting. Jadi, sangat penting belajar copywriting. Copywriting adalah salah satu skill terpenting dalam bisnis online.

Demikian panduan cara membuat promosi yang menarik, semoga bermanfaat bagi Anda.


Gratis eBook, Video, dan PDF Khusus untuk member Sukses Bisnis Online Club.

Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *