| |

Cara Membuat dan Optimasi SEO Halaman Facebook

Menerapkan strategi SEO tidak harus menggunakan website atau blog saja. Banyak platform lain yang bisa digunakan, salah satunya Facebook, khususnys halaman Facebook. Untuk itu kita belajar cara optimasi SEO Halaman Facebook.

Salah satu kelebihan halaman Facebook untuk SEO adalah peng-index-an Google cukup lengkap. Bukan hanya judul dan URL halaman, tetapi posting, gambar, album, event dan video bisa terindex di Google. Sehingga kita bisa mengoptimalkannya.

Kelebihan menggunakan Facebook adalah pengindexan cukup lengkap, Facebook adalah website yang sudah punya otoritas tinggi, gratis, tidak perlu punya domain dan hosting.

Tentu ada kekurangnnya. Yang namanya gratisan tentu keleluasaannya tidak sebesar website dengan domain dan hosting sendiri. Juga kebanyakan pemasin SEO mentargetkan kata kunci spesifik dan rendah saingan. Meski pun mungkin saja untuk kata kunci rendah saingan.

Bagi Anda yang belum faham SEO, silahkan baca dulu disini.

Optimasi SEO Halaman Facebook

Langkah Awal Optimasi SEO Halaman Facebook: Riset Kata Kunci Dulu

Yang namanya SEO, selalu menggunakan kata kunci. Jika Anda belum riset, maka silahkan riset dulu kata kunci Anda. Saya sudah membuat panduannya disini.

Kita akan fokus pada kata kunci yang spesifik yang rendah persaingannya. Untuk kata kunci saingannya lebih berat, lebih baik menggunakan website. Untuk saat ini kita fokus dulu ke kata kunci rendah saingan.

Yaitu kata kunci panjang atau long tail keyword atau kata kunci spesifik. Cara mendapatkannya ada di panduan yang disebutkan diatas.

Langkah Kedua: Buat Halaman Facebook Yang Teroptimasi

Jika tujuan kita membuat halaman itu untuk SEO, maka kita perlu mengoptimasi mulai dari pembuatan halaman. Sebab jika sudah jadi, akan lebih susah diubah. Lebih baik dioptimasi sejak awal. Dan ini bisa kita lakukan jika sudah menyiapkan kata kunci.

OK, kita bahas detilnya

Klik Menu, seperti gambar dibawah ini:

Dibawah menu Buat, Klik Halaman, seperti gambar dibawah:

Akan terbuka seperti ini:

Saat mengisi nama halaman: pastikan ada kata kunci target disana. Boleh dispesifikan dan dimasukan no HP jika mau.

Pilih kategori yang sesuai dengan halaman Facebook Anda.

Contohnya:

Kolom sebelah kanan adalah previewnya. Jika saat mengisi tanda centang hijau tidak ada, malah merah, artinya ada yang salah. Perlu diperbaiki.

Scroll ke bawah Kategori, ada isian keterangan. Isi dengan keterangan singkat, kaya dengan kata kunci. Jika bingung, masukan saja 5 kata kunci dipisah dengan koma. Contoh:

Jika sudah OK, klik Buat Halaman.

Setelah berhasil dibuat, dibawah keterangan Anda akan diminta memasukan gambar profil dan sampul (cover).

Untuk foto profil, buat gambar yang berbentuk bujur sangkar, misalnya 400×400. Ditampilkan dengan ukuran 170×170 piksel pada Halaman Anda di komputer, 128×128 piksel di smartphone, dan 36×36 piksel di sebagian besar ponsel fitur.

Klik tanda plus diatas tulisan Tambahkan Foto Profil.

Untuk Foto Sampul, klik tanda plus diatas tulisan Tambahkan Foto Sampul, kemudian pilih foto sampul yang sudah disiapkan.

  • Ditampilkan dengan lebar 820 piksel dan tinggi 312 piksel pada Halaman Anda di komputer, serta lebar 640 piksel dan tinggi 360 piksel di smartphone.
  • Harus sedikitnya berukuran lebar 400 piksel dan tinggi 150 piksel.
  • Dimuat paling cepat sebagai file sRGB JPG yang berukuran lebar 851 piksel, tinggi 315 piksel, dan kurang dari 100 kilobita.

Untuk desain, itu diserahkan kepada Anda. Kalau saya, gambar pun dioptimasi dengan nama file menggunakan kata kunci, plus tulisannya pun. Akan lebih bagus jika meta data-nya pun dioptimasi.

Setelah selesai, klik Simpan.

Masukan nama pengguna (username) dengan kata kunci, seperti ditunjukan dengan anak panah pada dibawah ini:

Jika belum bisa, biasanya harus menunggu ada 25 likers dulu. Bisa diedit nanti.

Jika sudah OK, klik tombol Buat Nama Pengguna. Jika berhasil akan muncul seperti ini:

Klik tombol Selesai.

Gambar diatas adalah halaman yang usernamenya sudah dioptimasi. Lebih kuat SEOnya.

Langkah Ketiga: Optimasi Lanjutan

Di kolom kiri, scroll ke bawah sampai menemukan Edit Info Halaman.

Klik Edit Info Halaman.

Ini data yang sudah diisi sebelumnya. Jika ada perubahan, masih bisa diedit.

Kemudian scroll ke bawah.

Silahkan lengkapi data, jika dibutuhkan untuk bisnis Anda.

Lanjut scroll ke bawah.

Lokasi sangat bagus diisi jika Anda bisnis lokal.

Yang lainnya silahkan diisi jika dibutuhkan.

Nah pada isian diatas ini, kita masih memiliki peluang untuk menambahkan tulisan yang teroptimasi SEO.

Contoh:

Optimalkan informasi tambahan yang bisa menampung 50.000 karakter (kira-kira bisa 7000 kata, bagus untuk SEO).

Langkah Keempat: Posting Yang Teroptimasi

Buat Postingan Untuk Berbagai Tujuan

Selanjutnya posting sebanyak mungkin dengan postingan teroptimasi.

Postingan teroptimasi artinya postingan yang sudah dioptimasi SEO. Selengkapnya sudah dijelaskan disini. Dengan harapan akan ditemukan oleh pencari baik di internal Facebook maupun Google.

Namun bukan hanya itu, juga dibutuhkan postingan-postingan yang bersifat social media dan mendatangkan traffic selain cara SEO. Caranya sudah dijelaskan disini.

SEO akan semakin kuat jika Halaman Facebook kita banyak yang like, aktif, banyak posting, dan banyak interaksi. Untuk itu, akan sangat bagus jika diisi dengan postingan selain SEO.

Namun tidak harus, karena itu semua akan tergantung strategi yang kita ambil. Ada orang yang fokus banyak posting di satu halaman. Ada juga yang fokus membuat banyak halaman.

Optimal Semua Fitur Yang Ada di Halaman

Sebenarnya fitur halaman Facebook itu banyak. Untuk SEO, kita tidak perlu menggunakan semua fitur, cukup fitur-fitur yang mendukung SEO.

Fitur utamanya tentu fitur posting. Kita bisa posting teks, gambar, dan video. Gambar pun bisa berbentuk album. Bisa juga memanfaatkan event.

Kuncinya saat posting optimalkan postingan dengan kata kunci. Konten, judul tag/label, dan hashtag berikut medianya seperti video dan gambar, perlu dioptimasi SEO untuk kata kunci tertentu.

Kesimpulan

Halaman Facebook bisa digunakan untuk mendatangkan traffic secara SEO.

Optimasi dilakukan dimulai dari pembuat halaman dengan memasukan nama dan data yang teroptimasi dengan kata kunci bidikan kita. Optimalkan setiap kolom yang bisa diisi dengan konten teroptimasi.

Optimasi juga bisa ditambahkan saat posting, baik itu tulisan, gambar, video, album, event, dan sebagainya.

Namun jangan hanya konten SEO, akan bagus jika ditambahkan konten viral dan mengundang interaksi serta follower atau liker untuk memperkuat SEO.

Demikianlah panduan cara membuat dan optimasi SEO halaman Facebook.


Gratis eBook, Video, dan PDF Khusus untuk member Sukses Bisnis Online Club.

Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *